logo

Vokasi

Dua SMK di Kota Solo Maju LKS Tingkat Nasional

Dua SMK di Kota Solo Maju LKS Tingkat Nasional
Ketua MKKS SMK Kota Solo, Sri Ekowati. (EDUWARA/Istimewa)
Redaksi, Vokasi08 Oktober, 2022 02:15 WIB

Eduwara.com, SOLO – Gelaran tahunan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun 2022 sudah mencapai tingkat nasional. Nantinya, gelaran LKS tingkat nasional yang ke-30 itu akan dibagi menjadi dua gelombang.

Gelombang pertama akan dilaksanakan pada 10-13 Oktober 2022, sedangkan gelombang kedua digelar pada 23-29 Oktober 2022. Pelaksanaan LKS SMK tingkat nasional ini masih menggunakan sistem yang sama dengan tahun sebelumnya, yakni secara daring.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Solo, Sri Ekowati mengatakan terdapat tiga perwakilan dari dua SMK di Kota Solo yang mengikuti LKS SMK Tahun 2022 tingkat nasional.

“Ada tiga perwakilan. Dua dari SMKN 4 Solo dan satu dari SMK “Warga” Solo. SMKN 4 Solo mewakili bidang lomba Hairdressing dan Beauty Therapy yang keduanya dari program keahlian Kecantikan. Sedangkan dari SMK Warga mewakili lomba CNC Turning,” kata Sri Ekowati kepada Eduwara.com, Jumat (7/10/2022), di ruang kantornya.

Persiapan yang dilakukan para wakil ini, sambung Sri Ekowati, melakukan latihan setiap hari hingga memagangkannya ke industri. Selain itu, mereka juga sudah mendapatkan pembekalan di tingkat provinsi selama dua hari, sehingga siap mengikuti LKS tingkat nasional.

Selain itu, ketiganya juga diberi pembinaan fisik mengingat ketika pelaksanaan bisa memakan waktu seharian penuh. Baik wakil dari SMKN 4 Solo dan SMK “Warga” Solo akan bertanding di gelombang kedua.

Live Streaming

Sri Ekowati menambahkan, pelaksanaan secara daring tidak berarti dilakukan dengan mengirim video, namun secara live streaming.

“Jadi pengambilan video mengikuti arahan juri dari pusat. Misalnya, Beauty Therapy cara memijatnya seperti apa kemudian di-shoot. Kondisi sekitar peserta juga diambil video agar membuktikan bahwa peserta betul-betul sendirian, hanya bersama pengambil gambar saja. Jadi tidak ada kecurangan,” jelas Sri Ekowati yang juga Kepala SMKN 4 Solo itu.

Tahun sebelumnya, perwakilan LKS tingkat nasional yang berasal dari Kota Solo juga berjumlah tiga orang. Walaupun dari segi perwakilan masih sama, target yang ingin dicapai tetap medali emas. Pada 2021, perwakilan bidang lomba Hairdressing dari SMKN 4 Solo memperoleh medali perak. Pada tahun ini, dia mewakili Indonesia dalam ajang Asian Skills Competition.

“Semoga untuk tahun depan bisa bertambah, karena tahun kemarin semuanya melalui daring. Jika berkumpul se-Indonesia dan bisa bertanding secara langsung kan berbeda motivasinya daripada melakukannya sendiri. Ada was-was juga dari anak-anak kalau ada bagian yang tidak terlihat padahal poin clue-nya, bisa jadi seperti itu kan. Namun sekarang tergantung dari juri ingin melihat di bagian yang mana, karena pelaksanaannya bersamaan,” ungkap dia.

Dia berpesan kepada para perwakilan LKS 2022 tingkat nasional khususnya dari SMKN 4 Solo dan SMK “Warga” Solo untuk tetap berjuang meskipun masih dilaksanakan secara daring.

“Meskipun kondisi sekarang ini sebenarnya sudah sedikit bersahabat, tetapi karena ketentuan masih harus daring, maka harus tetap semangat. Jangan mengurangi kualitas, tetapi tetap harus bisa meraih apa yang sudah ditargetkan yakni juara satu,” pungkas dia. (K. Setia Widodo)

Read Next