logo

Kampus

Dengan Kabupaten Paser, UWM Jalin Kerja Sama Lintas Sektoral

Dengan Kabupaten Paser, UWM Jalin Kerja Sama Lintas Sektoral
Rektor UWM Yogyakarta Edy Suandi Hamid dan Ketua DPRD Paser, Hendra Wahyudi saat penandatanganan kesepakatan kerja sama untuk lima tahun ke depan, Kamis (7/4/2022). (EDUWARA/Humas UWM)
Setyono, Kampus07 April, 2022 18:55 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta dan Kabupaten Paser, Kalimantan Timur sepakat bekerja sama lintas sektoral selama lima tahun.

Kesepakatan kerja sama ditandatangani Ketua DPRD Kabupaten Paser Hendra Wahyudi dengan Rektor UWM Edy Suandi Hamid dan Wakil Rektor III UWM Puji Qomariyah di Ruang Rektor UWM, Kamis (7/4/2022).

Kedua belah pihak sepakat bekerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, dan bidang pengabdian masyarakat. Kemudian, bidang sumber daya di sektor pemerintahan, hukum, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, sosial, dan budaya.

Terakhir, kerja sama bidang perencanaan pembangunan, pelatihan, pendampingan, dan pembimbingan sesuai dengan tugas dan fungsi para pihak.

"Dalam membahas masalah-masalah di kabupaten Paser, kerja sama ini dikuatkan oleh kegiatan seminar workshop, fokus grup diskusi," kata Edy.

Bagi UWM, kerja sama ini bagian dari pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bidang kerja sama antarkelembagaan, universitas dan mitra kerja. Karena itu, kesepakatan kerja sama ini untuk mengaplikasikan dan meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Paser.

"Tujuannya mengoptimalkan potensi sumber daya dan sumber dana dalam pengembangan kelembagaan dan pembangunan, pendidikan, pelatihan, serta pengabdian masyarakat," lanjut Edy.

Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi menyatakan peresmian kerja sama ini akan dilakukan Bupati Paser Fahmi Fadli di UWM dalam waktu dekat. Kesepakatan kerja sama itu telah dibahas dalam beberapa pertemuan pihak UWM dan Kabupaten Paser di Fakultas Hukum UWM. Dalam pertemuan Selasa (8/3/2022), rancangan kerja sama telah dibahas.

Kemudian FH UWM dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, menjajaki peluang kerja sama, menyiapkan format kerja sama UWM dengan Pemerintah Kabupaten dan DPRD Kabupaten Paser.

Saat itu, delegasi DPRD Kabupaten Paser Kalimantan Timur dipimpin Ketua Bapemperda Kabupaten Paser Hamransyah dan Wakil Ketua Bapemperda Indra Pardian S. Hamransyah menyatakan DPRD Kabupaten Paser ingin menjalin kerja sama secara formal dalam bidang legislasi.

"Kita tidak ingin peraturan daerah hanya copy paste dari peraturan kota atau kabupaten daerah lain," ucap Hamransyah.

Read Next