logo

Kampus

Lewat Aplikasi Safha, Mahasiswa Filkom UB Juara II di DinusFest

Lewat Aplikasi Safha, Mahasiswa Filkom UB Juara II di DinusFest
Aplikasi Safha (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus07 April, 2022 17:24 WIB

Eduwara.com, MALANG — Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB) berhasil meraih juara II pada kategori Young Muslim Creativity UI/UX DinusFest. Lomba serta berbagai macam ekspo ini diselenggarakan Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus), awal Februari lalu.

Tim dari FILKOM UB beranggotakan Luvita Intan Cahyani, Aufa Azmirania, dan Zhafirah Hafizah, dengan pembimbing Komang Candra Brata, menghasilkan karya aplikasi "Safha". 

Anggota Tim Filkom UB, Luvita Intan Cahyani, mengatakan kegiatan tersebut menjadi agenda rutin tahunan dari Universitas Dian Nuswantoro. Sedangkan terkait dengan tujuan dan manfaat dari diciptakannya aplikasi ini adalah untuk meningkatkan minat baca dari masyarakat, khususnya bagi masyarakat muslim.

"Perancangan desain antarmuka pengguna aplikasi Safha dapat menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan daya tarik membaca dan memudahkan masyarakat muslim Indonesia dalam mencari buku-buku Islam yang dikemas dengan antarmuka pengguna yang menarik dengan fitur yang beragam," kata Luvita, Kamis (7/4/2022).

Safha, kata Luvita, dikembangkan sebagai layanan perpustakaan digital atau e-library dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat memberikan manfaat kepada penggunanya agar dapat membaca buku-buku, terkhususnya dengan genre Islam.

Safha juga menyediakan berbagai macam genre lainnya seperti pengembangan diri, yang dalam penulisannya sesuai dengan aturan-aturan Islam dalam kehidupan. Pada aplikasi ini pengguna dapat meminjam buku secara gratis dengan batasan tertentu.

Pengguna yang ingin memiliki akses lebih luas, Luvita menegaskan, dapat berlangganan. Pengguna yang sudah selesai membaca sebuah buku dapat memberikan rating dan review-nya sehingga pengguna lain dapat melihat feedback sebelum memulai untuk melakukan peminjaman. 

Pada aplikasi Safha antar pengguna dapat melakukan interaksi atau berdiskusi dalam ruang obrolan yang dapat digunakan untuk berdiskusi. Safha juga menyediakan audiobooks yang dapat membaca tiap kata dalam suatu buku.

"Untuk setiap kata sulit, Safha dapat memberikan dictionary, yang berisi makna dari kata tersebut kepada pengguna," ucapnya.

Read Next