logo

Sekolah Kita

Di Madrasah Fest 2023, DIY Sabet Juara di Empat Kategori

Di Madrasah Fest 2023, DIY Sabet Juara di Empat Kategori
Kakanwil Kemenag DIY Masmin Afif didampingi Kabid Penmad Abd Suud dan PTP Anita Isdarmini foto berama para juara Madrasah Fest kontingen DIY pada Sabtu (12/8/2023). (EDUWARA/Dok. Kemenag DIY)
Setyono, Sekolah Kita14 Agustus, 2023 19:56 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil merebut empat juara pada kategori berbeda dalam ajang ‘Madrasah Fest 2023’ yang berlangsung di Jakarta, sepekan lalu. Capaian ini mendapat apresiasi besar dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY.

Madrasah Fest 2023 mempertandingkan 10 cabang lomba yaitu Memorizing Holy Qur'an, Reciting Holy Qur'an, Explaining Holy Qur'an, Memorizing Hadith, Reading Islamic Turats, Islamic Issues Debate Contest, Voice of Arabic, Student Chef, Calligraphy Fest, dan Creative Design Fest.

"Kontingen kita berhasil meraih juara pertama di Reading Islamic Turats tingkat MTs yang dipersembahkan Muhammad Syahrul Ibad dari MTs Al Falaah Pandak Bantul," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag DIY, Masmin Afif, Senin (14/8/2023).

Kemudian Juara II Student Chef diraih Triana Rahmadanti dan Anis Nur Chotimah dari MAN 2 Kulon Progo. Juara II Calligraphy Fest jenjang MI atas nama Khairin Janis Tristania dari MI Sultan Agung serta Juara II Islamic Trending Issues Debate Contest atas nama Aifa Zahda Aulia Ahmad, Pua Qitaralani dan Najwa Aulia Agusti dari MAN 3 Sleman.

Bukti Keunggulan

Afif mengatakan dengan waktu persiapan yang sangat singkat dan tanpa melalui seleksi berjenjang yang sangat ketat, apa yang diraih oleh para kontingen DIY ini memenuhi ekspetasi tim Kemenag DIY.  

"Even Madrasah Fest tingkat nasional benar-benar menjadi bukti keunggulan madrasah DIY yang gemilang mewujudkan tagline ‘Madrasah Jogja Istimewa’," ungkapnya.

Dalam acara puncak Madrasah Fest 2023, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Ali Ramdhani mengatakan dari hasil seleksi masuk perguruan tinggi UTBK, madrasah mampu menjadi juara pertama mengalahkan sekolah umum.

"Madrasah tidak hanya unggul di kecerdasan intelektual, namun juga berhasil membentuk kecerdasan spiritual. Itulah hebatnya madrasah," tuturnya.

Kemenag juga memastikan para juara Madrasah Fest akan mendapatkan golden ticket masuk Universitas Islam Negeri (UIN) dan juga beasiswa kuliah di antara 500 besar PTN, terutama Perguruan Tinggi Keagaamaan Islam Negeri.

"Ke depan, Madrasah Fest tidak saja pertandingan bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilombakan, tetapi juga bidang olah raga dan seni," tutup Ali. 

Read Next