logo

Sekolah Kita

Di MRC 2022, MAN Sukoharjo Tampilkan Batlle Robot dengan Arduino

Di MRC 2022, MAN Sukoharjo Tampilkan Batlle Robot dengan Arduino
Tim Robotik MAN) Sukoharjo jadi finalis Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022. (EDUWARA/Dok. Ditjen Pendis Kemenag)
Redaksi, Sekolah Kita24 November, 2022 00:35 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Tim Robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sukoharjo menjadi salah satu madrasah yang masuk pada jajaran finalis Madrasah Robotic Competition (MRC) Tahun 2022 kategori Battle Robot.

MRC merupakan gelaran tahunan yang diadakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama (Kemenag). Tahun ini, ajang kompetisi bergengsi tingkat nasional diselenggarakan pada 22-23 November 2022 bertempat di GOR Universitas Negeri Yogyakarta.

Muhammad Syailendra Surya Viadar dan Fitria Husnul Budi Ning Tyas, menjadi siswa yang akan mewakili madrasah tersebut. Mereka berhasil lolos dalam 30 besar kompetisi Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022 untuk kategori Battle Robot Tingkat Madrasah Aliyah.

“Robot yang ditampilkan MAN Sukoharjo dalam Battle Robot ini merupakan robot yang bergerak secara otomatis dan manual,” jelas Syailendra seperti dilansir Eduwara.com, Rabu (23/11/2022), dari laman Direktorat Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag.

Selanjutnya, Fitria yang merupakan partner dalam Tim Robotik MAN Sukoharjo itu menambahkan, sistem otomatis dilakukan dengan pemrograman arduino.

“Pemrograman ini dirancang agar ketika di depan robot ada bola, maka penjapit akan mengambil bola dan meletakkannya ke pelontar. Secara otomatis, pelontar akan melontarkan bola ketika robot sudah di posisi penembak yang tepat,” terang dia.

Umi Kulsum dan Purwono sebagai pembimbing serta seluruh civitas MAN Sukoharjo berharap bisa meraih hasil maksimal dalam kompetisi berskala nasional itu.

“Kami harap dapat mendapat hasil terbaik, semoga dengan kompetisi ini mampu melecut semangat MAN Sukoharjo untuk lebih maju dalam berbagai bidang,” papar dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next