logo

Kampus

Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas, Kontribusi FILKOM UMBY Didik Pengguna Jalan

Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas, Kontribusi FILKOM UMBY Didik Pengguna Jalan
Empat mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FILKOM UMBY, yaitu Triyani, Adelia Tatien Indah Permata Sari, Alexander Sugeng Waseso dan Yunita Putri Indramanto, mengajak siswa SMAN 1 Depok Sleman menjadi pengguna jalan yang baik. Menggandeng Ditlantas Polda DIY, kampanye edukasi keselamatan berlalu lintas, yang diselenggarakan di Aula SMAN 1 Depok, Jumat (7/6/2024) ini mengusung tema ‘Langkah Kecil, Selamatkan Masa Depan’. (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Kampus13 Juni, 2024 21:55 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Mengkampanyekan edukasi keselamatan berlalu lintas, empat mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (FILKOM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengajak siswa SMAN 1 Depok, Sleman untuk menjadi pengguna jalan yang baik.

Dalam acara yang berlangsung pada Jumat (7/6/2024) di Aula SMAN I Depok, keempat mahasiswa tersebut, yaitu Triyani, Adelia Tatien Indah Permata Sari, Alexander Sugeng Waseso dan Yunita Putri Indramanto, menggandeng Ditlantas Polda DIY.

“Kampanye edukasi ini menyasar 216 siswa kelas X,” kata Koordinator Kegiatan Triyani, dalam rilis Kamis (13/6/2024).

Kegiatan ini, lanjut Triyani, merupakan inisiatif sebagai bentuk kepedulian dan keresahan mereka terhadap tingginya angka pelanggaran lalu lintas yang sering berujung dengan kecelakaan. Kegiatan ini juga untuk memenuhi tugas kuliah Kampanye Public Relation.

“Tema yang kami angkat yaitu ‘Langkah Kecil, Selamatkan Masa Depan’. Harapannya edukasi ini menjadi langkah kecil meningkatkan kesadaran masyarakat terutama, siswa-siswi SMA, dalam membentuk karakter pengguna jalan yang aman dan bertanggung jawab,” terangnya.

Narasumber dari Ditlantas Polda DIY, AKBP B Widya Mustikaningrum menegaskan agar para siswa mengenal dan mematuhi berbagai aturan-aturan dasar berlalu lintas agar terhindar dari risiko kecelakaan lalu lintas.

Mereka harus patuh mulai dari penggunaan helm yang baik, pengetahuan tentang rambu-rambu lintas, sikap-sikap ketika di jalan raya hingga penggunaan kendaraan bermotor yang standar.

“Sebagai pengguna jalan yang baik, kita semua seharusnya saling mengingatkan tentang aturan lalu lintas yang berlaku, karena risiko yang terjadi di jalan raya tidak hanya menyangkut keselamatan kita sendiri namun juga pengguna jalan yang lain,” jelasnya.

Dosen pengampu mata kuliah, Kristina Andryani, mengatakan, tujuan dari pelaksanaan kampanye PR merupakan bagian dari tugas mata kuliah yang berusaha mendekatkan mahasiswa dengan publik tentang praktik baik terkait dengan keselamatan berlalu lintas yang harus menjadi kesadaran bersama.

“Semoga seluruh ilmu yang dibagikan dapat diterapkan secara nyata oleh siswa-siswi SMA N 1 Depok,” kata Kepala Sekolah SMA N 1 Depok, Basuki Jaka Purnama.

Read Next