logo

Sains

ELCO Antarkan Mahasiswa Undiksha Raih Medali Emas di Malaysia

ELCO Antarkan Mahasiswa Undiksha Raih Medali Emas di Malaysia
Tim perancang ELCO dari Undiksha. (Undiksha)
Bunga NurSY, Sains09 November, 2021 12:36 WIB

Eduwara.com, SINGARAJA— Alat pengendali peralatan listrik rumah tangga jarak jauh via aplikasi mengantarkan tim dari Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, meraih medali emas di ajang internasional di Malaysia.

Karya inovatif berbasis teknologi yang diberi nama ELCO (Electric Control Automatic Tool) menang medali emas dalam ajang International Young Scientists Innovation Exhibition 2021 (IYSIE’21) Malaysia, yang berlangsung pada 25-30 Oktober 2021.

Dilansir dari siaran pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada Selasai (09/11/ 2021), inovasi tersebut dibuat oleh tim yang terdiri atas Kadek Yuda Wiryanatha dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Gede Sandita Widiada dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro.

Kemudian ada juga Luh Putu Restu Adi Utami dari Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Ni Komang Indah Juliantini dari Prodi Teknologi Pendidikan, dan Kadek Reda Setiawan Suda yang merupakan alumni Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Wakil Tim ELCO Sandita Widiada menjelaskan ELCO merupakan alat kontrol jarak jauh otomatis pada peralatan listrik rumah yang dapat dinonaktifkan dan diaktifkan menggunakan aplikasi. Pembuatan karya ini tidak lepas dari adanya potensi kebakaran pada bangunan.

Disampaikan lebih lanjut, butuh waktu sekitar satu bulan untuk mempersiapkan karya itu, sebelum mengikuti kompetisi dengan peserta berasal dari 16 negara. “Kami bersyukur berhasil mendapatkan medali emas pada kategori Electrical Engineering,” katanya.

Raihan prestasi itu, sambungnya tidak lepas dari peran pembimbing, Dr. Nyoman Santiyadnya, S.Si., M.T., dan dukungan pimpinan Undiksha.

Kebanggaan juga dirasakan pimpinan Undiksha atas raihan prestasi itu. Apresiasi disampaikan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., dalam apel pagi yang berlangsung secara virtual.

Dia berharap kedepan semakin banyak mahasiswa yang mampu mengharumkan nama Undiksha dari ajang kompetisi. Mewujudkan itu, dukungan dari para dosen dalam memberikan bimbingan sangat diperlukan.

Read Next