logo

Sekolah Kita

Festival Film Sains Mampir di SMA Kolese De Britto

Festival Film Sains Mampir di SMA Kolese De Britto
Acara virtual Festival Film Sains di SMA Kolese De Britto, Jogja. (SMA Kolese De Britto)
Bunga NurSY, Sekolah Kita05 November, 2021 09:29 WIB

Eduwara.com, JOGJA—Festival Film Sains atau Science Film Festival bertemakan Kesehatan dan Kesejahteraan hadir di SMA Kolese De Britto, Jogja.

Science Film Festival di SMA Kolese De Britto diselenggarakan pada Jumat, 5 November 2021 yang melibatkan semua siswa dari kelas X, XI dan XII. 

Sekitar 850 siswa dengan antusias terlibat dalam festival ini. SMA Kolese De Britto sendiri merupakan salah satu mitra penyelenggara Science Film Festival 2021.

Pada tahun 2021 ini, Science Film Festival merupakan yang kedua belas kali hadir di Indonesia. Science Film Festival diselenggarakan oleh Goethe Institut bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman, PASCH-Project: Sekolah:Mitra Menuju Masa Depan, Bagian Kerja Sama Pendidikan Bahasa Jerman (BKD), SEAMEO STEM-ED, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan Universitas Paramadina. 

Tema tahun ini merujuk kepada poin ke-3 dari 17 butir Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera, yang diadopsi oleh PBB pada tahun 2015. 

Tema yang diangkat dalam Science Film Festival 2021 relevan dengan situasi dunia dewasa ini, ketika krisis kesehatan yang luar biasa telah menimbulkan guncangan ekonomi secara global dan menjungkirbalikkan kehidupan miliaran orang.

Terdapat 17 film internasional yang disertai berbagai demonstrasi eksperimen ilmiah. Festival ini hendak secara kreatif mengundang siswa-siswi untuk mengeksplorasi isu-isu kesehatan dan kesejahteraan mental serta menggeluti sains dengan cara yang menyenangkan. 

Ke-17 film yang akan diputar tersebut berasal dari berbegai negara, yaitui Afrika Selatan, Belanda, Brazil, Jerman, Portugal, dan Thailand. Kategori film-film yang terpilih adalah edutainment keluarga; ilmu pengetahuan alam, ilmu hayati & teknologi; film pendek non-verbal & sains.

Salah satunya adalah Knietzsche and Health (2020) dari Jerman. Film yang disutradarai oleh Anja von Kampen adalah salah satu yang mengangkat isu kesehatan. Dalam film animasi berdurasi 3 menit itu, seorang filsuf muda bernama Knietzsche bercerita tentang pentingnya kesehatan: sistem kesehatan tubuh manusia harus bekerja dengan tepat, seperti jam, agar kehidupan kita berjalan tanpa kendala.

Selain di SMA Kolese De Britto film-film tersebut juga dijadwalkan diputar secara bergantian mulai 12 Oktober hingga 30 November 2021 melalui platform Zoom kepada siswa-siswi dari 166 sekolah di berbagai kabupaten/kota, antara lain di: Aceh, Bangkalan, Bintuni, Flores Timur, Jakarta, Jayapura, Karo, Kuningan, Lembata, Medan, hingga Payakumbuh.

Read Next