logo

Sekolah Kita

Kejar Jogja Cyber Province 2027, Para Guru Dapat Diseminasi Pemanfaatan Teknologi

Kejar Jogja Cyber Province 2027, Para Guru Dapat Diseminasi Pemanfaatan Teknologi
Kejar Jogja Cyber Province 2027, Para Guru Dapat Diseminasi Pemanfaatan Teknologi (Istimewa)
Setyono, Sekolah Kita09 Maret, 2023 14:36 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik) Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali menggelar diseminasi pemanfaatan teknologi informasi komunikasi (TIK) kepada para guru-guru di empat kabupaten/kota tahun ini sebagai upaya mewujudkan program Jogja Cyber Province pada 2027.

Sebelumnya, program diseminasi sudah dilakukan di dua sekolah yaitu SMA Negeri 2 Playen, Gunungkidul dan SMA Negeri 1 Bantul. Pada Selasa (7/3/2023), kegiatan serupa berlangsung di SMK N 2 Pengasih, Kulonprogo.

Dalam keterangan rilisnya, Kamis (9/3/2023), Kepala Balai Tekkomdik Rudy Prakant program diseminasi yang sebelumnya vakum tiga tahun bertujuan mengajak lagi para pelaku pendidikan bersama-sama mempelajari serta menerapkan IT setelah pembelajaran pasca covid dan pembelajaran tatap muka.

"Ada anggapan setelah adanya pembelajaran Covid para guru mulai meninggalkan dan menanggalkan aktivitas pembelajaran yang hubungannya dengan TIK," katanya.

Melalui program ini, Balai Tekkomdik menginginkan para guru aktif kembali dengan bersama sama memperkuat dalam mentransformasi digital dengan. Balai Tekkomdik hadir sebagai wadah dalam memberikan layanan dan program yang dapat meningkatkan kompetensi guru di bidang TIK Pembelajaran.

Rudy Prakanto menyatakan penguatan kemampuan TI secara khusus harus diciptakan sejak dari SD, SMP sampai SMA untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

"Sehingga bisa menjadikan siswa memiliki kompetensi dan benar-benar menyukai proses pembelajaran di sekolah," ujar Rudi.

Balai Tekkomdik menargetkan ke depan ada kesamaan derajat dalam bidang TI. Tak hanya di DIY namun diharapkan juga di daerah lain di Indonesia.

Sebagai salah satu upaya mewujudkan Jogja Cyber Province, Balai  Tekkomdik menghadirkan pemanfaatan IT untuk pembelajaran melalui laman Jogja Belajar (JB). Ini merupakan laman yang memberikan informasi-informasi yang berguna untuk pembelajaran.

"Apabila dari para guru ada yang membuat media pembelajaran bisa juga dikirim ke JB Media untuk dimuat di website tersebut," jelasnya.

Layanan ini berisi konten pembelajaran berbasis media audio, video, dan animasi yang diakses kapanpun dan dimanapun. Jogja Belajar menjadi favorit kegiatan belajar mengajar karena pembelajaran harus dilakukan secara online atau daring.

Jogja Belajar diharapkan mampu memberikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat atas materi-materi pembelajaran yang bersifat online dan memudahkan masyarakat mengakses materi-materi atau konten yang tersedia.

Balai Tekkomdik merupakan salah satu unit pelaksana teknis Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY yang bertugas menyelenggarakan pengembangan, produksi, dan layanan pembelajaran serta komunikasi pendidikan.

Balai Tekkomdik juga memproduksi media pembelajaran berbasis TIK, dan bimbingan teknis untuk meningkatkan kompetensi guru/tenaga pendidikan dalam pemanfaatan TIK.

Read Next