logo

Sekolah Kita

Kemenag Kembangkan Platform Khusus untuk Permudah Akses Pembelajaran Digital Guru Madrasah

Kemenag Kembangkan Platform Khusus untuk Permudah Akses Pembelajaran Digital Guru Madrasah
Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali saat meluncurkan Towards Digital Literacy, Selasa (15/3/2022) (Kemenag)
Bunga NurSY, Sekolah Kita16 Maret, 2022 15:23 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Kementerian Agama mengembangkan platform yang ditujukan untuk mempermudah guru dan tenaga kependidikan madrasah mengakses pembelajaran digital dan beragam informasi lain yang dibutuhkan.

Upaya ini diwujudkan dengan merilis “Towards Digital Literacy” pada pembukaan Rapat Kerja Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah di Bogor, Selasa (15/3/2022). 

“Semua aplikasi yang selama ini ada di madrasah, dapat diakses melalui platform ini,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI Nizar Ali seperti dikutip dari situs resmi Kemenag, Rabu (16/3/2022).

Nizar berharap platform ini dapat mendorong para guru dan tenaga kependidikan terus meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya terutama dalam penguasaan teknologi digital. Pasalnya, hal itu juga menjadi salah satu indikator kompetensi profesional guru. Apalagi, peserta didik masa kini juga sangat akrab dengan dunia teknologi digital.

“Setiap ASN [aparatur sipil negara] termasuk guru dalam melaksanakan tugasnya harus memiliki kualifikasi, kompetensi berupa keterampilan literasi digital yang baik dan kinerja yang pada akhirnya terlihat hasil yang dikerjakan,” ungkapnya.

Nizar berharap platform Towards Digital Literacy dapat dioptimalkan fungsinya, sehingga layanan digital dapat dirasakan lebih maksimal.

Peluncuran platform ini dilakukan pada Rapat Kerja Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah yang juga dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Ali Ramdhani, Ses. Ditjen Pendis Rohmat Mulyana Sapdi, Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain beserta jajarannya.

Read Next