logo

Kampus

Lewat Book Camp 2022, UMY Dorong Publikasi Ilmiah Berbentuk Buku

Lewat Book Camp 2022, UMY Dorong Publikasi Ilmiah Berbentuk Buku
Rektor UMY Gunawan Budiyanto berharap lewat Book Camp 2022, Sabtu (19/3/2022), hasil penelitian ilmiah dosen UMY diharapkan berwujud buku ajar, monograf, referensi dan book chapter. (EDUWARA/Setyono)
Setyono, Kampus19 Maret, 2022 20:24 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Sebagai upaya mendorong hasil penelitian ilmiah pada dosen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Book Camp 2022, Sabtu (19/3/2022) pagi. Hasil penelitian diharapkan berwujud buku ajar, monograf, referensi dan book chapter.

Kepala Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) UMY, Dyah Mutiarin mengatakan acara book camp yang diselenggarakan di Hotel Dafam ini terdiri dari workshop penulisan dan monitoring buku monograf, ajar, referensi dan book chapter.

"Ini merupakan salah satu program Tri Dharma UMY Tahun akademik 2021/2022. Kita mengundang para reviewer, mentor, serta 41 peserta hibah buku yang terdiri dari para dosen yang sudah melakukan penelitian, pengabdian, atau yang akan menerbitkan buku," kata Dyah.

Lewat pelatihan, diharapkan peserta hibah buku dapat menghasilkan naskah yang bisa diterbitkan melalui penerbitan UMY Press.

 "Book Camp tahun ini diharapkan dapat mencapai output dari workshop yaitu naskah yang bisa diterbitkan UMY Press," ujar Dyah.

Rektor UMY Gunawan Budiyanto mengatakan perguruan tinggi akan menjadi lebih baik dengan melahirkan karya melalui siklus penelitian, menulis, mengabdi, hingga penyajian dalam forum.

"Satu hal yang bisa diwariskan adalah karya. Ditambah perputaran siklus penelitian, menulis, mengabdi dan menyajikannya dalam forum yang akan membuat perguruan tinggi lebih baik," jelas Gunawan.

Acara ini juga dibarengi dengan peluncuran pertama pengiriman buku di UMY Press melalui kurir GoJek yang dapat diakses secara online melalui Toko Online UMY Press Book Shopee.

"Saat ini buku di UMY Press dapat dikirim melalui kurir Gojek yang akan dikemas secara aman, cepat, dan mudah diakses," papar Kepala Penerbitan UMY Press Budi Nugroho.

Kemudian paparan disampaikan narasumber mengenai proyeksi perbukuan Indonesia di Era Covid-19 oleh Ketua umum Ikatan Penerbitan Indonesia (IKAPI), Arys Hilman Nugraha. Sekaligus pendampingan penyempurnaan dan monitoring hasil penulisan draf buku oleh Tim Mentor.

Read Next