logo

Kampus

Lima Tahun ke Depan, UMBY Targetkan 60 Persen Dosen Bergelar Profesor

Lima Tahun ke Depan, UMBY Targetkan 60 Persen Dosen Bergelar Profesor
Rektor UMBY Agus Slamet, saat peringatan dies natalis ke-37 di Kampus Sedayu, Senin (2/10/2023), mengatakan UMBY menargetkan 60 persen dosennya akan menyandang gelar profesor dalam tiga sampai lima tahun ke depan. (EDUWARA/Dok. K. Setyono)
Setyono, Kampus02 Oktober, 2023 19:47 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Pada usia ke-37, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menargetkan sebanyak 60 persen dosennya akan menyandang gelar profesor dalam tiga sampai lima tahun ke depan.

Pemenuhan target ini merupakan komitmen bersama civitas akademika UMBY untuk meningkatkan mutu layanan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tidak saja dalam tataran nasional tetapi juga pada tataran regional dan internasional.

Hal tersebut disampaikan Rektor UMBY Agus Slamet pada peringatan Tasyakuran Dies Natalis ke-37 UMBY yang dilaksanakan di Kampus Sedayu, Bantul pada Senin (2/9/2023) siang. Dies Natalis perguruan tinggi yang didirikan HR Probosutedjo pada 1 Oktober 1986 ini mengusung tema 'Bersinergi untuk Mewujudkan UMBY yang Unggul'.

Dalam paparannya, Agus Slamet menjelaskan bahwa pada tahun ini ada tiga dosen yang telah menyelesaikan pendidikan S3. Kemudian ada 30 orang dosen yang tengah menempuh S3 di dalam dan luar negeri dengan beasiswa dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), beasiswa LPDP dan beasiswa dari luar negeri serta beasiswa dari Yayasan Wangsa Manggala.

"Kami yakin dua sampai tiga tahun ke depan, 30 dosen tersebut lulus S3.  Dengan harapan tiga sampai lima tahun ke depan jumlah dosen UMBY yang berpendidikan S3, ada lebih dari 60 persen," katanya.

Selain peningkatan dari kualitas dosen, jajaran pimpinan UMBY juga terus meningkatkan dan memperbaharui sarana dan prasarana universitas dan fakultas baik di Kampus 1, 2 dan 3, termasuk fokus pada Laboratorium Terpadu Fakultas Agroindustri yang terletak di Kampus 2.

Sociopreneurship

Tak hanya itu, program Penelitian dan Pengabdian yang dilaksanakan para dosen maupun mahasiswa, nantinya harus sejalan dengan Rencana Induk Pengembangan dan Visi UMBY, serta lebih mengedepankan Sociopreneurship.

"Saat ini, kita memiliki 16 program studi yang terdiri atas 13 program studi Strata S1 dan 3 program studi Strata S2. Kemudian dari 13 program studi Strata S1 tersebut, yang terakreditasi A sebanyak 7 program studi, berperingkat 'UNGGUL' sebanyak 2 program studi, dan lainnya dengan Akreditasi B dan Baik," jelasnya.

Namun yang lebih membanggakan, lanjut Agus Slamet, pada tahun ini peringkat UMBY di ranting www.4icu.org berada pada urutan 9 se-PTN dan PTS di DIY. Sedangkan secara nasional UMBY berada pada peringkat 144 dari 3.115 perguruan tinggi di Indonesia.

Pada program Penelitian dan Pengabdian, ada 10 kegiatan yang mendapatkan hibah dari Kemendikbudristek sebesar Rp 677 juta. Kemudian ada tiga program studi yang memperoleh hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) yaitu Prodi Agroteknologi, Psikologi, dan Pendidikan Matematika dengan total pendanaan Rp 1,4 miliar.

"Di setahun terakhir, UMBY telah melakukan kerja sama dengan lebih dari 20 perguruan tinggi, baik di dalam dan luar negeri untuk meningkatan kinerja Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka," tutup Agus. 

Read Next