logo

Kampus

Mahasiswa KKN UNY Kenalkan Kuliner Buka Puasa dari Sulsel dan Kalsel

Mahasiswa KKN UNY Kenalkan Kuliner Buka Puasa dari Sulsel dan Kalsel
Es pisang ijo, salah satu kudapan khas Sulawesi Selatan yang diperkenalkan mahasiswa KKN Vokasi 2023 UNY kepada anggota PKK Dukuh II Desa Kanoman, Kecamatan Panjatan, Kulonprogo, DIY. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Kampus28 Maret, 2023 22:58 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Bertujuan menghadirkan menu berbuka puasa yang lebih bervariasi, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tengah melaksanakan KKN Vokasi 2023 mengenalkan kudapan khas Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menu Es Pisang Ijo dari Sulsel dan Kue Lumpur Surga dari Kalsel dipilih karena proses pembuatan yang tidak menyulitkan dan kemudahan bahan baku yang didapatkan di lingkungan Dukuh II Desa Kanoman, Kecamatan Panjatan, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketua KKN Vokasi UNY Kanoman, Rizkita Marta, mengatakan pengenalan kuliner khas nusantara ini sebagai upaya mahasiswa dalam memberdayakan hasil bumi lokal dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada di lingkungan sekitar.

"Dengan tambahan pengetahuan ini, warga setempat dapat menyajikan sesuatu yang berbeda dari yang selama ini dihidangkan, utamanya untuk berbuka puasa," kata Rizkita Marta dalam rilis, Selasa (28/3/2023).

Penanggung jawab kegiatan Heldavina Yasmin mengatakan es pisang ijo adalah menu makanan dengan bahan baku utama pisang yang kemudian diselimuti adonan berwarna hijau.

"Karena di wilayah ini banyak sekali tumbuh tanaman pisang terutama pisang berjenis bandung maka kami memanfaatkan pisang bandung dalam praktik pembuatan es pisang ijo," kata Heldavina.

Namun karena pisang jenis ini mempunyai rasa sepat dan terdapat biji pada buahnya sehingga untuk menghilangkan rasa sepat pisang, harus dikukus terlebih dahulu.

Pemanfaatan Kelapa

Langkah pembuatan es pisang ijo dimulai dengan mengukus pisang hingga matang terlebih dahulu. Untuk membuat adonan selimut siapkan wadah lalu campur semua bahan hingga rata, kemudian adonan dimasak dalam teflon seperti membuat lembaran kulit.

Lalu ambil selembar daun pisang olesi dengan sedikit minyak, ambil satu lembar adonan, letakkan pisang di atasnya kemudian gulung sampai menutupi semua permukaan pisang. Setelah itu kukus selama 15 menit.

Selanjutnya, untuk memasak bubur sumsum campurkan semua bahan dan masak menggunakan api kecil. Setelah pisang ijo dan bubur sumsum sudah matang dapat disajikan dalam piring beserta pelengkapnya.

"Sedangkan untuk menu Kue Lumpur Surga, kami berharap memberi nilai tambah pemanfaatan buah kelapa yang melimpah di dusun ini," jelas mahasiswa program studi D4 Tata Rias Fakultas Vokasi tersebut.

Lumpur surga merupakan makanan khas Banjarmasin dengan perpaduan warna hijau sebagai layer 1 dan putih pada layer 2. Teksturnya yang lembut seperti lumpur berasal dari telur, santan dan gula kemudian dikentalkan dengan tepung beras dan maizena.

Dukuh Kanoman II, Sumiyem, berharap ibu-bu anggota PKK dapat mempraktikkannya di rumah sebagai hidangan takjil berbuka puasa.

"Namun tidak menutup kemungkinan untuk dijual juga sebagai tambahan pemasukan ekonomi keluarga," kata Sumiyem.

Read Next