logo

Kampus

Di Malaysia Tecnology Expo 2023, PEM Akamigas Boyong Dua Medali

Di Malaysia Tecnology Expo 2023, PEM Akamigas Boyong Dua Medali
Tim Azzurium PEM Akamigas berhasil menorehkan prestasi terbaik dalam ajang Malaysia Technology Expo (MTE) 2023 yang diselenggarakan secara hybrid pada 16-18 Maret 2023. Tim yang digawangi mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Pengolahan Migas tingkat II, yaitu Damiano Anugerah Paskah, Yohana Kinaryosih, RR Tsaniya Faza Al-Machzum Azmi, Himmawan Arsyad dan Akmal Ma’arif Al-Anshori, berhasil memboyong medali emas. (EDUWARA/Dok. PEM Akamigas)
Redaksi, Kampus28 Maret, 2023 01:48 WIB

Eduwara.com, BLORA – Mahasiswa PEM Akamigas kembali menorehkan prestasi pada ajang lomba tingkat internasional. Kali ini, Malaysia Technology Expo (MTE) 2023 yang diselenggarakan secara hybrid berhasil ditaklukkan. 

Dalam rilis yang dikirimkan ke Eduwara.com, Senin (27/3/2023), dijelaskan bahwa tim Azzurium yang digawangi mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Pengolahan Migas tingkat II berhasil menjadi yang terbaik. 

Mereka menyisihkan kontestan lain dari berbagai negara. Tim ini berhasil meyakinkan dewan juri untuk memenangkan medali emas di ajang lomba yang diselenggarakan pada 16-18 Maret 2023.

Tim yang terdiri dari Damiano Anugerah Paskah, Yohana Kinaryosih, RR Tsaniya Faza Al-Machzum Azmi, Himmawan Arsyad dan Akmal Ma’arif Al-Anshori, mengusung karya berjudul “The Combination of Pyrolyzed Naphtha and Bioethanol from “Siwalan” waste to Reduce the Use of Fossil Energy” pada kategori Protection of the Environment, Energy, Water, Wastewater, Sanitation and Green Energy.

Pada ajang tersebut, tim dari Prodi Teknik Pengolahan Migas tingkat IV yang beranggotakan Agus Arifin, Ahmad Albaihaqi, Ahmad Murtafi'in, Arvin Galan Anggara, Bob Jordani Vincent, Sinung Bayu Nugroho, dan Valentino J Tamaela, juga berhasil mempersembahkan medali perunggu.

Tim ini mengusung karya berjudul “Dippie Oil: Disposable polypropylene Gowns and plastic Waste Polyethilene Terepthalate Fuel Convertion to 95 Ron Gasoline as Alternative Energy Solution.”

MTE 2023 yang diselenggarakan oleh Asian Youth Innovation Awards ini diikuti oleh berbagai negara seperti Thailand, China, Taiwan, Iran, Malaysia dan Indonesia. Misi dari kegiatan tahunan ini adalah membina, mengembangkan dan mengarahkan keterlibatan anak muda pada bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi.

“Mencoba mengikuti perlombaan di tingkat internasional adalah salah satu langkah kami untuk membanggakan PEM Akamigas. Sementara menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut adalah bonus,” kata RR Tsaniya Faza, salah satu anggota tim Azzurium.

Menurut Tsaniya, dari lomba tersebut ia bersama tim Azzurium mendapatkan banyak pengalaman, baik dalam berdiskusi, berkompetisi, hingga bekerja sama. 

“Peserta lain juga tidak kalah hebatnya tapi kami yakin tim kami menjadi pemenangnya,” katanya. (*)

Read Next