logo

Kampus

Mahasiswa Peternakan UGM Olah Belatung Jadi Pakan Kucing

Mahasiswa Peternakan UGM Olah Belatung Jadi Pakan Kucing
Mahasiswa Fakultas Peternakan UGM mengolah larva lalat menjadi pakan kucing
Setyono, Kampus01 Desember, 2021 06:00 WIB

Eduwara, JOGJA— Empat mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengolah larva lalat atau belatung menjadi pakan kucing yang bernilai tinggi.

Empat mahasiswa yang terdiri dari Mira Tsurayya Masruroh, Iqbal Wahdan Salsabil, Fariz Jordan Fadillah, dan Dina Puspitasari berhasil mengolah belatung lalat maggot black soldier fly (BSF) menjadi pakan kucing.

"Kami beri nama produk pakan kucing ini 'Got Meat'. Tujuan kami adalah menghadirkan solusi pakan kucing yang memiliki kandungan protein tinggi namun tetap terjangkau serta mampu meningkatkan kesejahteraan petani lokal," kata Iqbal Wahdan mewakili teman-temanya, Selasa (30/11).

Dalam prosesnya, Iqbal menjelaskan sebelum dijadikan pakan, larva lalat BSF diolah menjadi tepung. Berdasarkan hasil penelitian Iqbal dan rekannya, larva lalat BSF mengandung protein sebanyak 31,6 persen, lemak 16,7 persen, serat 2,9 persen, dan kadar air 5 persen.

"Selain kaya akan gizi,  pakan hewan ini diolah dengan berbagai varian seperti mackerel, chicken dan vegetables recipe yang menyasar tingkatan usia kucing dewasa," tuturnya..

Saat ini menurutnya banyak masyarakat yang rela merogoh kantong dalam mencukupi kebutuhan pakan ucing. Namun begitu, hampir keseluruhan produk pakan kucing di pasaran juga didominasi oleh industri asing.

Adanya inovasi diharapkan masyarakat memiliki pilihan pakan kucing yang berkualitas dan terjangkau.

"Harganya juga cukup terjangkau, Got Meat juga dikemas rapi dengan menggunakan ziplock serta pengamanan ganda melalui sealer, sehingga mampu menjaga kualitas produk tetap baik dalam jangka waktu yang lebih lama," katanya.

Editor: Adnyana

Read Next