logo

Kampus

Mahasiswa Psikologi Bawa Universitas Brawijaya Juara I Seri 1 Kejuaraan Nasional Gokart

Mahasiswa Psikologi Bawa Universitas Brawijaya Juara I Seri 1 Kejuaraan Nasional Gokart
Raihan Zulfikar, mahasiswa Universitas Brawijaya (tengah), meraih juara pertama Kejuaraan Nasional Gokart pada kategori Shifter University. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus23 Februari, 2022 03:26 WIB

Eduwara.com, MALANG — Raihan Zulfikar, mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), meraih juara pertama pada kategori Shifter University di ajang Eshark Rok Cup Indonesia, yang merupakan Kejuaraan Nasional Gokart pertengahan Februari lalu. Raihan juga mampu menjadi juara 2 di kategori Shifter 150 pada ajang yang sama. 

Menurut mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2018 ini, kategori Shifter University dipertandingkan antar kampus. "Tapi mulai 2016/2017, Universitas Brawijaya off dan tidak terlihat di kejuaraan ini. Kebetulan saya sekarang mahasiswa aktif Psikologi dan bisa mengikuti kejuaraan tersebut," ucapnya, Selasa (22/2/2022).

Raihan sudah mengikuti kejuaraan yang sama sejak 2012, namun dengan kategori berbeda. Pengalamannya selama 4 tahun menjadi pembalap Gokart membuat pria asal Jakarta ini memberanikan datang ke Teknik Mesin UB untuk bisa mewakili kampus mengikuti Kejuaraan Nasional.

"Sekitar tahun 2018, saya pernah datang ke Teknik Mesin dan berbicara dengan salah satu mahasiswa di dalam ruangan bengkelnya, saya lihat ada gokart. Saya menawarkan diri untuk jadi pembalap gokart dan juga menjadi sponsor semua agenda balap dari Teknik Mesin Universitas Brawijaya," ujarnya.

Pengalamannya menjadi pembalap Gokart dan juga memiliki kendaraan untuk mengikuti perlombaan menjadi alasan Raihan menawarkan diri sebagai pengemudi. Namun tawaran ini tak bersambut sebab ada aturan di Teknik Mesin Universitas Brawijaya bahwa yang menjadi pembalap harus dari jurusan yang sama.

Empat tahun berlalu, Raihan akhirnya tampil di ajang Eshark Rok Cup Indonesia membawa nama Universitas Brawijaya. Meski menggunakan dana pribadi, dia tetap mengajak mahasiswa Universitas Brawijaya yang lain sebagai pendamping, yakni Muhammad Rizkyanor (mahasiswa Psikologi) yang menjadi manajer tim, dan M Ramadhani Harun A (mahasiswa Teknik Mesin UB) yang menjadi kepala mekanik.

Raihan menambahkan, beberapa tahun terakhir nama Universitas Brawijaya tenggelam pada kejuaraan ini. Laki-laki kelahiran 1999 ini bertekad membawa Universitas Brawijaya menjadi juara umum nasional 2022 pada kategori Shifter.

"Kejuaraan ini diadakan 6 kali dalam setahun. Yang kemarin menang adalah seri pertama dan yang terakhir pada September nanti. Target saya bisa bawa Universitas Brawijaya sebagai juara umum nasional 2022 di kelas Shifter," ujarnya.

Read Next