logo

Kampus

Mahasiswa Tingkat Akhir UMBY Dikenalkan Dunia Industri

Mahasiswa Tingkat Akhir UMBY Dikenalkan Dunia Industri
Tangkapan layar webinar bertajuk ‘Pengenalan Dunia Industri’ yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (HIMAKA UMBY) bersama dengan ZettaByte Pte Ltd. Webinar ini untuk mengenalkan mahasiswa tingkat akhir, terutama mahasiswa tingkat akhir UMBY tentang dunia industri, kebutuhan dunia kerja dan berbagai jenis keterampilan yang harus disiapkan. (EDUWARA/Dok. UMBY)
Setyono, Kampus15 Juni, 2023 22:15 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (HIMAKA UMBY) bersama dengan ZettaByte Pte Ltd menggelar webinar bertajuk ‘Pengenalan Dunia Industri’ untuk mahasiswa tingkat akhir, terutama mahasiswa tingkat akhir UMBY. 

Webinar tersebut merupakan upaya untuk mengenalkan dunia industri kepada mahasiswa tingkat akhir, terutama mahasiswa UMBY, agar mereka mengenali kebutuhan dunia kerja dan berbagai jenis keterampilan yang harus disiapkan. 

Ketua Pelaksana acara, M Iqbal Rafid S mengatakan meski digelar secara online, namun peserta yang hadir ternyata melebihi dari harapan.

"Ada sebanyak 150 peserta yang berasal dari mahasiswa UMBY serta perguruan tinggi lainnya menjadi peserta," jelasnya, Kamis (15/6/2023).

Tujuan kegiatan webinar, lanjut Iqbal, untuk memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa yang tengah berada di semester akhir tentang jenis-jenis pekerjaan, keterampilan yang dibutuhkan, prospek karir, dan pengalaman yang dapat membantu peserta dalam memilih jalur karir yang tepat.

Ketua HIMAKA UMBY Ahmad Baehaqi menyebut pihaknya mengundang tiga pembicara dalam webinar kali ini yaitu Kaprodi Informatika UMBY Mutaqin Akbar dan Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UMBY Anief Fauzan Rozi.

Peluang Karir

Dalam paparannya, Mutaqin Akbar mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya untuk mahasiswa tingkat akhir tetapi juga seluruh mahasiswa UMBY. Jadi, tidak  hanya pada mahasiswa semester akhir yang nantinya setelah lulus akan memasuki dunia industri.

"Namun mahasiswa tingkat awal juga dianjurkan untuk mengikutinya agar punya insight lebih dini tentang gambaran dunia kerja yang akan dijalani. Langkah tersebut bisa dipersiapkan dari sekarang. Jadi ketika teman-teman lulus sudah siap dan yakin sehingga tidak salah menentukan pilihan," ujar Mutaqin.

Dekan FTI UMBY Anief Fauzan Rozi mengatakan tujuan webinar ini untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dunia industri kepada peserta, yakni memberikan informasi tentang berbagai peluang karir yang ada dalam industri.

"Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengambil peluang-peluang dalam berkarir yang ada dalam dunia industri. Mahasiswa akan mampu mengambil peluang ini ketika mereka benar-benar siap, yakni mereka telah memiliki kompetensi ataupun soft skill yang menunjang dalam industri tersebut," jelas Anief Fauzan.

Mewakili ZettaByte Pte Ltd, Adinda Putri Berlian menyebut kematangan dalam dunia kerja bukan hanya ditentukan skill atau kemampuan, namun ada professionalisme, responsibility of the profession, technical standard, the integrity, dan efficiency.

"Bahwa the way you act sama pentingnya dengan the way you do," terang Adinda.

Read Next