logo

Kampus

Mahasiswa UWM Yogyakarta Juara Dua Duta UMKM Jatim 2022

Mahasiswa UWM Yogyakarta Juara Dua Duta UMKM Jatim 2022
Ari Sona, mahasiswi program studi Administrasi Publik (AP) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta dinobatkan sebagai 1st Runner Up Duta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jawa Timur 2022, Minggu (27/3/2022). (EDUWARA/Istimewa)
Setyono, Kampus29 Maret, 2022 21:23 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Ari Sona, mahasiswi program studi Administrasi Publik (AP) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta dinobatkan sebagai 1st Runner Up Duta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jawa Timur 2022. Penghargaan diberikan saat malam Grand Final Duta UMKM Jawa Timur di Food Junction, Grand Pakuwon, Surabaya, Jatim, Minggu (27/3/2022).

Duta UMKM Jawa Timur merupakan suatu paguyuban yang menyuarakan tentang dukungan kemajuan UMKM di Jatim. Langkah mahasiswi asal Kediri ini tak mudah sebelum berhasil merengkuh posisi runner up di ajang bergengsi ini.

"Sebelum menembus tahap karantina dan Malam Grand Final, harus menjalani seleksi di babak awal," kata gadis yang akrab dipanggil Riri dalam rilis Selasa (29/3/2022).

Dalam tahap karantina dan Malam Grand Final, Riri menceritakan ada 13 putra dan putri terbaik se-Jawa Timur. Karantina hari pertama dilaksanakan 26 Maret 2022 berisi kegiatan yang cukup padat.

"Diawali pembukaan, seminar, kelas menjahit, kelas bahasa Inggris, beauty class, materi catwalk, malam budaya, malam bakat hingga wawancara mendalam yang dilaksanakan di Hotel Oval dan Ciputra World, Surabaya.

Di hari kedua, para finalis diajak mengunjungi Surabaya Zoo hingga pengenalan pelaku UMKM. Selanjutnya bertempat di Food Junction Grand Pakuwon, para peserta mengikuti gladi bersih terkait opening number dan paparan advokasi.

Puncak acara Grand Final dihadiri Duta Pariwisata Jawa Timur, Duta Anti Narkoba Jawa Timur dan Mister-Miss Sidoarjo.

"Meskipun bukan winner tetapi banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang saya dapat di sini. Bisa berkenalan dan berbagi cerita dengan para finalis adalah hal yang paling mengasyikan. Selain itu, dapat belajar banyak tentang UMKM dan semoga dapat berkontribusi untuk membangun perekonomian dan meningkatkan produk-produk UMKM dengan baik. Pemuda Indonesia, bangga buatan negeri," katanya.

Dekan Fisipol UWM As Martadani Noor mengucapkan selamat dan ikut berbangga. "Prestasi yang hebat. Semoga menginspirasi mahasiswa yang lainnya," ucapnya memberikan apresiasi.

Read Next