logo

Kampus

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Solo Adakan Lokakarya Penyusunan Portofolio Mata Kuliah

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Solo Adakan Lokakarya Penyusunan Portofolio Mata Kuliah
Peserta Lokakarya Penyusunan Portofolio Mata Kuliah yang diselenggarakan Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Solo, Senin (28/3/2022), berfoto bersama seusai kegiatan. (EDUWARA/Humas UNS)
M. Diky Praditia, Kampus28 Maret, 2022 21:00 WIB

Eduwara.com, SOLO – Portofolio mata kuliah harus mengacu pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Kemudian dilakukan tahap penilaian terhadap portofolio.

Hal itu disampaikan Kepala Program Studi (Kaprodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS Solo, Sarwanto, dalam Lokakarya Penyusunan Portofolio Mata Kuliah, Senin (28/3/2022). Acara yang diadakan di UNS Inn itu diselenggarakan oleh Program Studi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Solo.

“Portofolio yang sudah ada dalam Siakad selama dua semester dapat dipergunakan sebagai evaluasi program studi," terang Sarwanto seperti dilansir Eduwara.com, Senin (28/3/2022) dari laman web resmi UNS Solo.

Lebih lanjut, Sarwanto mengatakan rubrik penilaian harus sesuai dengan mata kuliah dan pelaksanaan dari pembelajaran. Dosen bisa membuat instrumen dan mengimplementasikan penilaian mahasiswa yang dilaporkan kepada prodi dari hasil perkuliahan.

Sementara itu, Kaprodi Magister Pendidikan Kimia, Sri Yamtinah menerangkan hasil penilaian mahasiswa diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi prodi untuk meningkatkan kualitas layanan dan keilmuan. Selain itu penilaian dalam presentasi makalah mahasiswa harus memenuhi beberapa indikator.

“Penilaian dalam presentasi makalah bagi mahasiswa harus memenuhi beberapa indikator. Misalnya indikator kuantitas respons mahasiswa; mengidentifikasi masalah; memberikan penjelasan; dan mengusulkan solusi," kata dia.

Sementara itu, penilaian proyek menyusun makalah bagi mahasiswa juga memiliki indikator kualitas judul, kualitas isi, tata tulis, dan daftar pustaka.

Lokakarya, yang dihadiri para dosen Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Solo, dimeriahkan produk penilaian mahasiswa sesuai CPL. (K. Setia Widodo/*)

Read Next