logo

Vokasi

Mau Jadi Ahli Perkeretaapian? PPI Madiun Jawabannya

Mau Jadi Ahli Perkeretaapian? PPI Madiun Jawabannya
Mahasiswa Prodi D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian PPI Madiun. (EDUWARA/Dok. PPI Madiun)
Redaksi, Vokasi09 April, 2022 19:02 WIB

Eduwara.com, SOLO – Salah satu perguruan tinggi atau sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ialah Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun. Perguruan tinggi vokasi negeri tersebut memiliki visi pusat unggulan dan inovasi pendidikan dan pelatihan vokasi di bidang teknis perkeretaapian berbasis teknologi global.

Melansir situs web resminya, Pendirian PPI Madiun merupakan amanat UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, yang mengamanatkan dibentuknya lembaga pendidikan di bidang perkeretaapian. 

Dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS), sampai tahun 2030, perkeretaapian nasional membutuhkan 1.720 orang regulator yang terdiri atas perencanaan, pengujian, inspektorat dan auditor. Di samping itu, juga membutuhkan 78.740 orang SDM operator yang terdiri atas perencana, pemeriksa dan perawat.

Untuk mencapai target 78.740 SDM bidang perkeretaapian sampai tahun 2030 PPI Madiun selain menjalankan kelas regular, yaitu mendidik taruna baru lulusan SMA atau SMK, juga menjalankan kelas paralel mendidik SDM perkeretaapian yang sudah bekerja di pemerintahan sebagai regulator ataupun di perusahaan-perusahaan sebagai operator.

PPI Madiun tidak hanya melahirkan SDM perkeretaapian dari aspek kuantitas, tetapi juga aspek kualitas. Karena lulusan PPI Madiun tidak hanya terjun mengabdi di pemerintahan, tetapi juga perusahaan-perusahaan bidang perkeretaapian nasional maupun internasional sehingga lulusan PPI Madiun nantinya bisa berkiprah di tingkat global.

Menempati lahan 19,8 hektar, PPI Madiun memiliki fasilitas-fasilitas lengkap guna mendukung proses pembelajaran antara lain dua asrama putra, satu asrama putri, 20 kelas, rektorat, poliklinik, dan aula. Kemudian, ada tempat ibadah, laboratorium komputer, stasiun simulasi, laboratorium outdoor LAA, laboratorium simulasi sarana, dan sebagainya.

Program Studi dan Profil Lulusannya

Terdapat empat Program Studi (Prodi) di PPI Madiun. Keempat Prodi tersebut berjenjang Diploma Tiga (D3). Pertama, D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian.

Lulusan program D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian dipersiapkan sebagai  SDM di bidang transportasi perkeretaapian, khususnya Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian dengan gelar Ahli Madya Teknik (A.Md.T).

Wisuda Taruna/Taruni Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun Tahun 2020. (EDUWARA/Dok. PPI Madiun

Profil lulusan Prodi itu meliputi Pelaksana Pengujian Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Pelaksana Perawatan Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Pemeriksa Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Analisis Data Pembangunan Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Juru Gambar Bangunan dan jalur perkeretaapian, hingga Pengawas Pelaksanaan Konstruksi Bangunan dan jalur perkeretaapian.

Kedua, D3 Teknologi Elektro Perkeretaapian. Lulusan Prodi tersebut dipersiapkan sebagai SDM di bidang transportasi perkeretaapian khususnya Teknologi Elektro Perkeretaapian dengan gelar Ahli Madya Teknik (A.Md.T). Profil lulusan D3 Teknologi Elektro Perkeretaapian meliputi Pelaksana Pengujian Fasilitas Operasi Perkeretaapian, Pelaksana Perawatan Fasilitas Operasi Perkeretaapian, dan Pelaksana Pemeriksa Fasilitas Operasi Perkeretaapian.

Ketiga, D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian. Lulusan Prodi itu dipersiapkan sebagai SDM di bidang transportasi perkeretaapian khususnya Manajemen Perkeretaapian dengan gelar Ahli Madya Transportasi (A.Md.Tra). Adapun profil lulusannya meliputi Pelaksana Lalu lintas Kereta Api, Pelaksana Pelayanan Tranportasi Perkeretaapian, serta Pelaksana Perencanaan Angkutan Kereta Api.

Keempat, D3 Teknolongi Mekanika Perkeretaapian. Lulusan program D-III Teknologi Mekanika  Perkeretaapian dipersiapkan sebagai SDM di bidang transportasi perkeretaapian khususnya Teknologi Mekanika Perkeretaapian dengan gelar Ahli Madya Teknik (A.Md.T).

Profil lulusan D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian meliputi Pelaksana Desain Mekanika Perkeretaapian, Pelaksana Perawat Mekanika Perkeretaapian, Pelaksana Penguji Mekanika Perkeretaapian, Pelaksana Manajemen Bengkel / Workshop Mekanika Perkeretaapian, dan Pelaksana Awak Sarana Perkeretaapian.

Untuk pendaftaran, sebagai sekolah kedinasan di bawah Kemenhub, PPI Madiun menerapkan seleksi secara terpusat bersama sekolah kedinasan lainnya. Melansir pengumuman resmi, PPI Madiun membuka 120 calon Taruna/Taruni dengan pola pembibitan Kemenhub. Artinya, para pendaftar tidak dibatasi domisili asal.

Jadwal pendaftaran dibuka 9 April 2022 pukul 09.22 WIB hingga 30 April 2022 pukul 23:59. Informasi lengkap mengenai alur, jadwal, persyaratan administrasi dan pendaftaran, tata cara pendaftaran, pola pembiayaan, tahapan, jenis, biaya seleksi, serta lokasi seleksi bisa diakses melalui https://sipencatar.dephub.go.id/. (K. Setia Widodo/*)

Read Next