logo

Kampus

Menapak Usia ke-58 Tahun, UAJY Terus Perkuat Relasi Kerja Sama Nasional dan Internasional

Menapak Usia ke-58 Tahun, UAJY Terus Perkuat Relasi Kerja Sama Nasional dan Internasional
Pada puncak acara Dies Natalis ke-58, Rabu (27/9/2023), Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), G Sri Nurhartanto, mengatakan Universitas Atma Jaya Yogyakarta akan terus meningkatkan relasi kerja sama dengan berbagai pihak di tataran nasional hingga internasional. (EDUWARA/K. Setyono)
Setyono, Kampus27 September, 2023 19:22 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Rektor Universita Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), G Sri Nurhartanto menegaskan pada usia ke-58 tahun Universitas Atma Jaya Yogyakarta akan terus meningkatkan relasi kerja sama dengan berbagai pihak di tataran nasional hingga internasional.

Rabu (27/9/2023), UAJY merayakan Dies Natalis ke-58 dengan tema 'Penguatan UAJY yang Unggul dan Berkelanjutan'.

"Saat ini Universitas Atma Jaya Yogyakarta sudah menapak memasuki tahun ke-2 dari Milestone III Rencana Induk Pengembangan Universitas (RIPU) UAJY "A Journey to Innovation" (2022/2023-2026/2027)," kata Nurhartanto.

Pengembangan UAJY pada lima tahun ke depan, lanjut Nurhartanto, bertujuan fokus pada pengembangan jejaring dengan tujuan memperkuat sistem menuju universitas berbasis penelitian serta membangun jejaring dan kerja sama pengajaran dan penelitian dengan universitas dalam dan luar negeri.

Berbagai program ke depan, UAJY ingin memperkuat perannya baik pada tingkat nasional maupun internasional, baik di bidang akademik maupun non akademik, di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, hingga peran nyata di masyarakat.

"Di dalam negeri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta ikut berperan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sesuai dengan kepasitasnya. Kita ingin terlibat mewujudkan IKN sebagai wujud pengarusutamaan simbol identitas bangsa, green economy, green energy, smart transportation, dan tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif sebagai milestone transformasi besar bangsa Indonesia," katanya.

Kuliah Double Degree

Secara khusus , lanjut Nurhartanto, UAJY ingin memperkuat perannya dalam isu-isu keberlanjutan (sustainability) secara luas sejalan dengan pembangunan Indonesia.

Di tingkat internasional, proses pembelajaran dilakukan dengan menyelenggarakan program internasional pada beberapa program studi (prodi) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengikuti kuliah Double Degree di universitas partner di luar negeri.

Program itu antara lain menyelenggarakan Program DoubleDegree 2+2 untuk Prodi Manajemen dan Akuntasi, FBE-UAJY dan Prodi Teknik Informatika, FTI-UAJY dengan Nanjing Xiaozhuang University (NXU)-China, Program 3+2 untuk Prodi Teknik Sipil, FT- UAJY dengan NCKU-Taiwan, Credit Transfer dengan universitas luar negeri. 

Mulai semester Gasal 2021/2022 juga mulai dibuka kelas untuk program internasional Ilmu Komunikasi dengan University of Illmenau.

Nurhartanto menyebut sepanjang 2022, UAJY terus menjalin kerja sama dengan berbagai institusi dari dalam negeri. Kerja sama diakukan dengan lembaga pemerintahan, lembaga non-pemerintah, lembaga gerejawi, perusahaan, perguruan tinggi, dan sekolah.

"Semua kerja sama ini dilakukan dalam kerangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Agar lulusan UAJY mampu menjadi lulusan yang holistic education atau whole person education untuk membentuk pribadi lulusan yang utuh melalui pendidikan di kelas maupun di luar kelas," tutupnya.

Read Next