logo

Vokasi

Mahasiswa KKN UNY Olah Tempe Jadi Nugget

Mahasiswa KKN UNY Olah Tempe Jadi Nugget
Nugget tempe, inovasi mahasiswa KKN UNY, Safina Azwaja Sahral. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Vokasi24 Maret, 2023 17:41 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Mempraktikkan teori yang didapat dalam mata kuliah Inovasi Produk Boga, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tengah melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) berinovasi meningkatkan daya tarik dan daya jual tempe.

Dalam pendampingan ke masyarakat Panjatan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), gagasan mengolah tempe menjadi nugget dicetuskan oleh 

Mahasiswa D4 Teknik Boga Fakultas Vokasi UNY, Safina Azwaja Sahral,  menjelaskan proses pembuatan nugget tempe kepada warga Panjatan Kulon Progo. (EDUWARA/Dok. UNY)

"Pemilihan produk ini didasarkan pada mata kuliah Inovasi Produk Boga, yang meneliti tentang substitusi nugget ikan gurami. Selain karena kajian bahannya yang menarik, pengolahan nugget juga cukup mudah meski tahapannya cukup banyak," jelas Safina, Jumat (24/3/2023).

Dengan pasokan tempe sangat melimpah, tetapi belum banyak yang melakukan inovasi tempe menjadi olahan menarik, Safina lantas berinisiatif membuat nugget dari tempe.

Nugget tempe dihadirkan dengan berbagai rasa yang unik dan tidak monoton sehingga cocok untuk kudapan bagi anak-anak yang anti-tempe. Tempe juga bisa memenuhi asupan protein atau alternatif protein jika ada yang tidak suka protein hewani.

 

Tekstur Tempe

Menurut Safina, bahan utama pembuatan nugget tempe adalah 500 gram tempe, 300 gram wortel, 65 gram daun bawang, 4 buah bawang putih, 1 buah bawang Bombay, 4 sdm tepung terigu, 2 sdm tepung tapioka, 2 butir telur, ½ sdt penyedap, 1 sdt lada dan 1 sdt garam.

"Bahan pelapisnya adalah larutan telur dan tepung terigu dengan bahan balut tepung panir," paparnya.

Safina menjelaskan, cara membuat nugget tempe diawali dengan menumis bawang putih dan bawang Bombay dengan mentega hingga harum. Kemudian masukkan ke dalam chopper bahan-bahan, seperti tempe, bawang putih tumis, bawang bombay tumis, garam, lada, tepung terigu, tepung tapioka, dan wortel. Campur adonan ini hingga kalis.

“Jika ingin mendapatkan tekstur pada nugget tempe, sisakan sebagian potongan tempe dan haluskan sebentar di akhir,” paparnya.

Salah satu warga Panjatan 3, Suwarti mengatakan dari segi rasa nugget tempe tersebut sudah enak. Tapi ukurannya, menurut Suwarti, seharusnya lebih ditebalkan.

"Aroma nugget-nya sangat harum karena bawang bombaynya ditumis dulu dan teksturnya lebih kenyal dari nugget ayam," tutup Suwarti.

Read Next