logo

EduBocil

PAUD Insan Kamil Kartasura Resmikan Pojok literasi

PAUD Insan Kamil Kartasura Resmikan Pojok literasi
Pojok Literasi PAUD Insan Kamil. (EDUWARA/UIN Raden Mas Said Solo)
Redaksi, EduBocil14 Januari, 2023 23:09 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – PAUD Insan Kamil Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Solo resmi me-launching Pojok Literasi pada Senin (9/1/2023). Peresmian Pojok Lterasi sudah lama dinanti-nantikan oleh segenap pendidik juga pembina dan pengurus DWP UIN Raden Mas Said.

PAUD Insan Kamil merupakan satuan pendidikan PAUD yang sudah berdiri sejak tahun 2015 di Kartasura dan berada di bawah naungan DWP UIN Raden Mas Said. Sejak tahun 2022, PAUD Insan Kamil sudah terakreditasi A.

PAUD Insan Kamil juga sudah mendapatkan penghargaan dari Program Penguatan PAUD Ramah Anak dari Yayasan Satu Karya Karsa (YSKK) dan Kemendikbudristek karena konsisten dalam program Bank Sampah. Program ini bekerja sama dengan Bank Sampah Pijar Semesta DWP UIN Raden Mas Said.

“Tujuan diadakan pojok literasi ini, selain mengenalkan literasi anak sejak dini, juga untuk kepentingan proses belajar mengajar pada era merdeka belajar. Di mana proses belajar anak diawali dari berbasis buku kemudian dilanjutkan dengan project,” kata Kepala PAUD Insan Kamil, Candra Nila Murti Dewojati seperti dilansir Eduwara.com, Sabtu (14/1/2023), dari laman UIN Raden Mas Said Solo.

Pembina PAUD Insan Kamil, yang juga Ketua DWP UIN Raden Mas Said, Sri Haryanti Mudofir mengatakan, buku sangat penting untuk dikenalkan anak sedari dini untuk menajamkan imajinasi dan kreasi anak.

"Semakin banyak buku-buku bacaan yang dikenalkan dan dibaca oleh anak, akan semakin kreatif dan banyak ilmu yang akan diperoleh,” kata Sri Haryanti dalam sambutan Launching Pojok Literasi yang dihadiri oleh anak-anak PAUD.

Pojok literasi mendapatkan donasi buku dan perlengkapannya dari anggota DWP UIN Raden Mas Said, wali murid, serta simpatisan. Sehingga jumlah buku terkumpul sekitar 200-an. Buku-buku koleksi pojok literasi pun beragam, seperti buku pendidikan karakter anak, buku berbasis agama, buku flora dan fauna, sains, transportasi dan lain sebagainya.

“Kami juga masih membuka peluang untuk donasi selanjutnya, agar keberlangsungan pojok literasi ini akan semakin terlihat manfaatnya untuk anak didik,” imbuh Sri Haryanti.

Launcing pojok literasi juga dimeriahkan dongeng dari Tim Mendongeng ABATA, yang anggotanya ternyata banyak alumnus UIN Raden Mas Said. Anak-anak PAUD Insan Kamil terlihat antusias mendengarkan dongeng yang diperagakan oleh Kak Ida Lestari dan Kak Dian tentang menanamkan penddidikan karakter bagi anak.

Di sela-sela mendongeng, Ida Lestari juga menyelipkan pesan pada anak-anak untuk mencintai buku, dan memanfaatkan sarana pojok literasi dengan sebaik-baiknya agar anak-anak nantinya menjadi insan cerdas akal dan cerdas ilmu. (K. Setia Widodo/*)

Read Next