logo

EduBocil

Peduli Pendidikan Anak Usia Dini, Pokja Bunda PAUD Pacitan Gelar Bimbingan Teknis

Peduli Pendidikan Anak Usia Dini,  Pokja Bunda PAUD  Pacitan Gelar Bimbingan Teknis
Pengurus Pokja Bunda PAUD Kabupaten Pacitan Adakan Bimtek Bunda PAUD Kecamatan & Desa/Kelurahan se- Kabupaten Pacitan
Redaksi, EduBocil13 Oktober, 2021 08:24 WIB

Selasa (12/11) Kelompok Kerja (POKJA) Bunda PAUD Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan bimbingan teknis (BIMTEK) bagi bunda PAUD kecamatan, desa/kelurahan se-Kabupaten Pacitan. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Srikandi Pacitan tersebut dilaksanakan dengan dua sisitem, yaitu daring dan luring. Kegiatan dibuka Selasa kemarin dan akan ditutup hari ini, Rabu (13/11).

Evi Suraningsih, S.Sn., istri Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji selaku penanggung jawab Pokja bunda PAUD Kabupaten Pacitan, pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap keberadaan Bunda PAUD di Tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan. 

“Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dan penguatan Bunda PAUD di seluruh Kabupaten Pacitan. Bunda PAUD diharapkan mengerti, memahami pentingnya Bunda PAUD yang nantinya bisa membantu lembaga PAUD untuk mewujudkan PAUD berkualitas”, tegas Bunda PAUD Kabupaten Pacitan.

“Bunda PAUD dibantu oleh Pokja Bunda PAUD yang dibentuk oleh Bunda PAUD di semua tingkatkannya yang bermaksud untuk mendukung dan menggerakkan layanan PAUD berkualitas. Terlebih di Tengah pandemi COVID-19 urgensi Bunda PAUD diharapkan sebagai penggerak utama dalam mendukung lembaga PAUD untuk tetap melaksanakan pertemuan tatap muka (PTM) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan”, imbuh Bunda PAUD Kabupaten Pacitan, Evi Suraninsih.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, Daryono, pada kesempatan terpisah menyampaikan, “Kegiatan hari ini adalah untuk menguatkan peran Bunda PAUD dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Sebagai Bunda yang nantinya ke depan akan menigkatkan kualitas anak-anak kita untuk menjadi generasi yang baik. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dibiayai oleh pusat. Kegiatan ini merupakan bagian dari sebuah siklus yang harus dilakukan untuk penguatan”.

Lebih lanjut disampaikan, “Di sisi lain, dari APBD Kabupaten Pacitan juga sangat menssupport keberadaan Bunda PAUD yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan berkunjung ke desa-desa, kelurahan, kecamatan untuk memotivasi Bunda-bunda yang ada di kelurahan, desa, perannya lebih aktif dan lebih baik lagi. Dinas Pendidikan dalam hal penguatan pendidikan anak usia dini, pemerintah merancang, memanageman, bahwa yang paling tepat mendorong perkembangan anak usia dini adalah Bunda. Oleh karena itu, pemerintah menetapkan bahwa Bunda itu dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan”, ungkap Kadisdik Pacitan tersebut.

“Ini diharapkan dapat mensupport seluruh stake holder yang ada di PAUD itu berjalan dengan baik sehingga kualitas anak-anak di bangku PAUD akan terjaga dan semakin mantap. Dinas Pendidikan ditugasi Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi semua itu baik dari sisi anggaran, manageman, maupun sumber daya manusianya. Tujuannya satu, untuk pendidikan anak usia dini”, pungkas Drs. Daryono, M.M., mengakhiri.

Tulisan ini telah tayang di halopacitan.com oleh Rahmat Deny pada 13 Oct 2021
Editor: Redaksi

Read Next