logo

Kampus

Peduli terhadap Perlindungan Anak dan Isu Gender, UIN Raden Mas Said Solo Raih Penghargaan Kelembagaan PSGA Terbaik

Peduli terhadap Perlindungan Anak dan Isu Gender, UIN Raden Mas Said Solo Raih Penghargaan Kelembagaan PSGA Terbaik
Eduwara.com, SUKOHARJO – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Solo meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dengan kelembagaan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Terbaik Tahun 2022. (EDUWARA/Dok. UIN Raden Mas Said)
Setyono, Kampus17 November, 2022 01:25 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Solo meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dengan kelembagaan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Terbaik Tahun 2022.

Prestasi tersebut diperoleh dalam Perguruan Tinggi Responsif Gender (PTRG) Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dalam acara Konferensi Pusat Studi Gender dan Anak sekaligus sebagai Pra Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) ke-2, Selasa-Jumat (15-17/11/2022) di UIN Raden Fatah Palembang.

Rektor UIN Raden Mas Said Solo, Mudofir sangat mengapresiasi capaian prestasi tersebut. Menurut, dia penghargaan itu adalah bukti keseriusan pada komitmen perlindungan anak dan isu-isu tentang gender di UIN Raden Mas Said Solo.

“Ini sebuah moment of true untuk terus dipertahankan secara lebih baik lagi dan berkelanjutan sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Saya mengapresiasi kerja-kerja programatik PSGA UIN RM Said Solo yang berbuah pada penghargaan prestisius ini," terang Mudofir seperti dilansir Eduwara.com, Rabu (16/11/2022), dari laman UIN Raden Mas Said.

Penghargaan itu, diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) kepada PTKI yang dianggap telah mengoperasionalkan indikator perguruan tinggi responsif gender dengan baik di lembaganya.

Indikator PTRG terdiri atas operasionalisasi kebijakan kelembagaan, tri dharma perguruan tinggi, tata kelola kelembagaan, perencanaan dan penganggaran yang responsif gender, serta penciptaan zero tolerance pada semua bentuk kekerasan di perguruan tinggi.

Dalam acara itu, terdapat 927 PTKI yang terdaftar di Dirjen Pendis. Selanjutnya diseleksi dan dipilih 11 perguruan tinggi yang dianggap layak menjadi nominator penerima penghargaan.

Ke-11 perguruan tinggi tersebut kemudian diminta mempresentasikan strategi operasionalisasi indikator PTRG di hadapan tim juri PTRG Award. Salah satu yang lolos adalah UIN Raden Mas Said Solo.

Setelah melaksanakan presentasi di hadapan tim juri, akhirnya PTKI yang berada di Kartasura itu berhasil memperoleh penghargaan sebagai PTKI dengan kelembagaan Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Terbaik Tahun 2022 pada PTRG Award Tahun 2022. (K. Setia Widodo/*)

Read Next