logo

Vokasi

PEM Akamigas Lantik 309 Mahasiswa Baru

PEM Akamigas Lantik 309 Mahasiswa Baru
Sebanyak 309 mahasiswa baru PEM Akamigas mengikuti Sidang Senat Terbuka Pelantikan Mahasiswa Baru PEM Akamigas yang dilaksanakan di Grha Oktana PEM Akamigas, Jumat (4/8/2023). (EDUWARA/Dok. PEM Akamigas)
Setyono, Vokasi04 Agustus, 2023 23:12 WIB

Eduwara.com, BLORA – Sebanyak 309 mahasiswa baru Politeknik Energi dan Mineral (PEM Akamigas) mengikuti Sidang Senat Terbuka Pelantikan Mahasiswa Baru PEM Akamigas yang dilaksanakan di Grha Oktana PEM Akamigas, Jumat (4/8/2023).

Setelah melalui rekrutmen yang dilakukan sebanyak empat gelombang, 309 orang dinyatakan lolos seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru PEM Akamigas. Ke-309 mahasiswa ini akan mengikuti pendidikan di PEM Akamigas mulai Tahun Akademik 2023/2024. 

Seperti diketahui, PEM Akamigas memiliki lima program studi, yaitu Teknik Produksi Minyak dan Gas, Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, Teknik Mesin Kilang, Teknik Instrumentasi Kilang dan Logistik Minyak dan Gas, sesuai dengan program studi yang dipilih.

Sebagaimana dilaporkan Direktur PEM Akamigas Erdila Indriani bahwa saat ini PEM Akamigas memiliki jumlah student body sebanyak 1,093 mahasiswa, 35 persen di antaranya merupakan mahasiswa program beasiswa, dan 65 persen lainnya merupakan mahasiswa reguler. 

Hal ini menunjukkan peran dan fungsi PEM Akamigas sebagai lembaga pendidikan tinggi inklusif yang  mampu memberikan kesempatan dan akses pendidikan tinggi bagi mahasiswa yang berasal dari berbagai latar belakang.

“Saat ini PEM Akamigas telah melaksanakan rekrutment mahasiswa baru. Rekrutmen dilakukan sebanyak empat gelombang. Dengan total jumlah peminat sebanyak 2.146 orang. Sejumlah 309 orang telah melewati seleksi dan menjadi mahasiswa baru yang akan mengikuti pendidikan pada tahun 2023/2024 ini,” kata Erdila.

MBKM

Disampaikan juga oleh Erdila bahwa pada penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2023/2024 ini, PEM Akamigas juga menerima mahasiswa baru yang berasal dari luar Indonesia, yaitu Timor Leste. Selain itu, PEM Akamigas juga menerima mahasiswa baru dari berbagai perusahaan di luar negeri seperti Dolphin Energy Qatar dan ADNOC Abu Dhabi. 

Saat ini, PEM Akamigas menerapkan kurikulum yang mendukung sistem Full Day School dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hal ini menjadi awal yang baik dari upaya PEM Akamigas menuju World Class Polytechnic.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PEM Akamigas dengan Yayasan Bina Taruna Indonesia Bumi Cendrawasih tentang Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Program Sarjana Terapan dalam rangka Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia di Sektor Energi dan Mineral. 

Selain itu, 25 mahasiswa atau lima mahasiswa dari masing-masing program studi berhak atas penghargaan dari BNI atas prestasinya menjadi penaih skor tertinggi pada saat seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru.

Read Next