logo

Beasiswa

Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho Hampir Tutup, Ayo Para Guru Bergegas!

Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho Hampir Tutup, Ayo Para Guru Bergegas!
Ilustrasi (Eduwara.com)
Bunga NurSY, Beasiswa11 Januari, 2022 13:49 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Para pendidik yang berminat untuk meneruskan studi ke Jepang lewat beasiswa dari pemerintah Negeri Sakura tahun ini harus bergegas karena masa pendaftarannya ditutup pada Kamis (13/01/ 2022).

Atase Pendidikan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia Takahashi Yusuku melalui keterangannya mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho) menawarkan beasiswa bagi guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya.

“Beasiswa ini bagi guru yang aktif mengajar dan memiliki pengalaman selama lima tahun di sekolah formal (SD, SMP, SMA/K sederajat) serta berusia maksimal 34 tahun pada 1 April 2022,” katanya melalui keterangan resmi, baru-baru ini.

Dia menambahkan, seleksi beasiswa terdiri dari beberapa tahap yakni seleksi dokumen, ujian tulis, wawancara, dan evaluasi oleh panitia Monbukagakusho. Peserta dapat mengirimkan dokumen ke Kedutaan Besar Jepang Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) paling lambat 13 Januari 2022.

Sementara itu, dilansir dari situs resmi Kedutaan Besar Jepang, program beasiswa ini bernama Teacher Training dan merupakan program non-gelar. Lama studi adalah satu tahun enam bulan, dimana enam bulan itu digunakan untuk belajar Bahasa Jepang. Periode studi berlangsung pada September/Oktober 2022 hingga Maret 2024.

Sejumlah fasilitas yang akan didapatkan oleh penerima beasiswa adalah biaya kuliah ditanggung sepenuhnya hingga program selesai, tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥143.000/ bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang (1 kali), bebas biaya pembuatan visa pelajar, tidak ada ikatan dinas.

Penerima beasiswa akan belajar di universitas di Jepang, serta akan mendapatkan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang efektif, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru.

Berikut ini adalah syarat dan alur waktu seleksi Teacher Training Monbukagakusho:

JADWAL PENYELEKSIAN

  • Masa Pendaftaran : 20 Desember 2021 - 13 Januari 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen : 28 Januari 2022

PERSYARATAN

  • Usia maksimal 34 tahun pada tanggal 1 April 2022 (lahir pada atau setelah 2 April 1987).
  • Lulusan minimal D4 atau S1.
  • Guru (pegawai negeri, swasta, honorer) yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal, seperti SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB.
  • Pelamar memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun 0 bulan pada 1 Oktober 2022 di lembaga pendidikan formal (akumulatif).
  • Semua bidang pendidikan ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama dan Perhotelan.
  • Sehat jasmani dan rohani (kondisi kesehatan fisik dan mental tidak akan mengganggu jalannya perkuliahan selama di Jepang)
  • Menguasai bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
  • Bagi yang belum bisa berbahasa Jepang, bersedia belajar bahasa Jepang.
  • Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan karirnya sebagai guru setelah program beasiswa berakhir.
  • Apabila setelah kembali dari Jepang pelamar tidak mengaplikasikan pengalamannya sebagai guru, maka pelamar WAJIB mengembalikan seluruh tunjangan beasiswa yang telah diterima.

 

Read Next