logo

Kampus

Sah! UI Punya Enam Dekan Baru

Sah! UI Punya Enam Dekan Baru
Pelantikan enam orang Dekan di Universitas Indonesia yang dilakukan oleh Rektor UI Ari Kuncoro secara hybrid, Jumat (10/12/2021) (UI)
Redaksi, Kampus10 Desember, 2021 13:45 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Enam dekan baru Universitas Indonesia diharapkan mampu memompa transformasi kampus tersebut dalam memasuki era entrepreneurial university.

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro saat melantik enam dekan baru pada Jumat(10/12/2021). 

Mereka yang dilantik tersebut adalah dekan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Teguh Dartanto, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Mondastri Korib Sudaryo, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Petrus Mursanto, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Dede Djuhana, Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Agus Setiawan, dan Fakultas Kedokteran (FK) Ari Fahrial Syam. 

Pelantikan dilakukan secara hybrid, Keenam dekan tersebut telah melalui serangkaian proses seleksi, dimulai dari tingkat fakultas hingga proses asesmen di level universitas. Sebelum dilakukan proses asesmen, dibuka pula kesempatan untuk memberikan asupan publik terhadap para calon dekan.

Dalam pidato pada saat pelantikan, Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan bahwa kehadiran para dekan fakultas-fakultas tersebut diharapkan memberikan semangat baru bagi UI yang sedang bertransformasi memasuki era entrepreneurial university. 

Perubahan dunia yang sangat cepat, dikatakan Ari, memerlukan proses adaptasi yang ekstra cepat pula. Selain itu, teknologi informasi yang kian mendominasi setiap elemen kehidupan dan situasi kampus yang makin dinamis, memerlukan kerja keras dan kerja cerdas dari para pimpinan universitas. 

Menurutnya, solusi atas perubahan ini harus bisa diatasi dengan kemampuan membaca situasi dan adaptif terhadap gejolak perubahan. 

“Saya yakin, jika kita semua memiliki persamaan dan keyakinan membawa UI menuju ke arah yang lebih baik, maka harapan itu bukan sekadar mimpi. Peranan dekan dalam menakhodai fakultas sangat diharapkan,” ujar Ari dalam siaran pers yang diterima Eduwara.com, Jumat (10/12/2021).

Dekan yang baru dilantik ini akan menjabat selama empat tahun. Sebelumnya Dekan FMIPA terpilih yaitu Yoki Yulizar, mengundurkan diri karena alasan kesehatan dan digantikan oleh Dede Djuhana.

Upacara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh para anggota Majelis Wali Amanat, Dewan Guru Besar, Senat Akademik, para Wakil Rektor dan Sekretaris Universitas, para Dekan, Direktur Sekolah, dan Direktur Vokasi UI. (Bhakti)

Read Next