logo

Kampus

Satu Semester Kedepan, UMBY – UNITRI Jalankan Program Pertukaran Mahasiswa

Satu Semester Kedepan, UMBY – UNITRI Jalankan Program Pertukaran Mahasiswa
Satu Semester Kedepan, UMBY – UNITRI Jalankan Program Pertukaran Mahasiswa (Istimewa)
Setyono, Kampus18 Agustus, 2023 19:53 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Selama satu semester gasal, mulai September 2023 sampai Februari tahun depan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Jawa Timur berkolaborasi dalam program pertukaran mahasiswa.

Tercatat sepuluh mahasiswa program studi Agroteknologi Fakultas Agroindustri UMBY akan bertukar tempat belajar dengan delapan mahasiswa Program Studi Agroteknologi UNITRI.

"Program ini merupakan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selama satu semester mereka akan mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi berbeda sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman," kata Wakil Rektor bidang Akademik UMBY, Wafit Dinarto, Jumat (18/8/2023).

Mahasiswa program studi Agroteknologi UMBY yang akan mengikuti  pertukaran mahasiswa yakni oleh Agustinus Djibril Diawara, Ainin Nur Fatjrin, Eugenie Fahik, Flaviana Mau Gili, Geri Ganisa Akhmal Hendarto, M. Rendika Pradana, Niken Dwi Ardanti, Risma Siti Nur Aizhah, Yunita Sawi Bay, dan Zanuar Arry Wiratama.

Sebelum melakukan pertukaran mahasiswa, Wakil Rektor bidang Akademik UMBY dan berkunjungan ke UNITRI untuk berkoordinasi pada Selasa (15/8/2023) lalu.

"UNITRI memiliki kekhasan untuk kami belajar baik secara keilmuan dan secara budaya. Hal ini juga  implementasi yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak baik melalui MoU ataupun asosiasi keilmuan. Harapan kami melalui kegiatan ini dapat memperkuat hubungan UMBY dan UNITRI," terang  Wafit.

Wakil Rektor I bidang akademik UNITRI Widowati menyampaikan program pertukaran mahasiswa yang merupakan program MBKM mandiri ini menambah semangat dan kekuatan bagi UMBY ataupun UNITRI dalam penilaian akreditasi nantinya.

Geri Ganisa, salah satu mahasiswa yang mengikuti pertukaran mahasiswa mengungkapkan rasa syukur karena diberikan kesempatan untuk mengikuti pertukaran mahasiswa. Kegiatan ini menjadi tantangan tersendiri agar mampu bersosialisasi dengan mahasiswa dari kampus lain.

"Disamping  itu program ini memberi kesempatan saya mendapatkan pengakuan nilai, tentunya kegiatan ini akan memperluas relasi," katanya

Read Next