logo

Sekolah Kita

SMP Labschool UNY Terapkan Pembelajaran Berbasis Riset dan Teknologi

SMP Labschool UNY Terapkan Pembelajaran Berbasis Riset dan Teknologi
Suasana pembelajaran di salah satu kelas di SMP Labschool UNY. Sekolah yang diampu FIPP UNY ini disebut Dekan FIPP UNY, Nurtanio Agus Purwanto, bukan sekadar sekolah baru namun sebuah laboratorium pendidikan. (EDUWARA/Dok. UNY)
Setyono, Sekolah Kita14 Oktober, 2024 20:17 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) resmi menghadirkan SMP Labschool sebagai lanjutan berdirinya KB-TK dan SD Labschool di Kampus 2 UNY yang terletak di Jalan Bantul, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta.

Diampu Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) UNY, SMP Labschool adalah komitmen UNY dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia melalui inovasi dan riset. SMP Labschool UNY siap mencetak generasi unggul yang berakhlak mulia, berkompetensi global, dan berdaya saing tinggi.

Dekan FIPP UNY, Nurtanio Agus Purwanto, menjelaskan SMP Labschool bukan sekadar sekolah baru, namun sebuah laboratorium pendidikan.

“Ini adalah tempat di mana ide-ide segar bersemi, metode pembelajaran inovatif akan diuji, dan generasi penerus bangsa akan ditempa menjadi individu-individu yang berakhlak mulia, berkompetensi global, dan mencintai budaya sendiri,” kata Nurtanio Agus Purwanto, Senin (14/10/2024).

Dipaparkan Nurtanio, metode pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran berbasis riset dan teknologi dipadukan dengan metode-metode seperti project-based learning, gamification, dan personalized learning, untuk mendorong siswa berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.

Wakil Kepala SMP Labschool UNY, Sofyan Dwi Nugroho, menambahkan bahwa SMP Labschool UNY tidak hanya menerapkan kurikulum nasional, tetapi juga mengintegrasikan inovasi tren pembelajaran terbaru untuk menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan bermakna bagi siswa.

"Motto sekolah kami ‘The Leading Innovative School’ mencerminkan komitmen SMP Labschool UNY untuk selalu menjadi yang terdepan dalam hal inovasi pendidikan. Kami menerapkan kurikulum yang dinamis, menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan menyediakan berbagai fasilitas modern untuk mendukung proses belajar mengajar," jelasnya.

Sekolah Laboratorium Unggul

Dijelaskan Sofyan, fasilitas yang mendukung proses pembelajaran di SMP Labschool UNY sangat lengkap. Selain laboratorium IPA, terdapat juga laboratorium multimedia yang memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kreativitas di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Ada pula ruang kelas ber-AC dengan kelengkapan seperti Smart TV, LCD, dan kamera untuk pembelajaran jarak jauh sehingga menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif. Lingkungan belajar yang kondusif, nyaman, dan mendorong kreativitas siswa juga menjadi prioritas SMP Labschool UNY.

SMP Labschool UNY juga menawarkan kurikulum nasional yang diperkaya, tetapi juga menyediakan berbagai program unggulan untuk mengembangkan potensi siswa secara holistik. SMP Labschool UNY akan menjadi sekolah laboratorium unggul yang mengedepankan inovasi dalam proses pendidikan.

Sebagai bagian dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), SMP Labschool UNY berkomitmen menerapkan model pembelajaran terkini yang berbasis riset, dengan pemanfaatan teknologi modern guna membentuk lulusan yang kompeten dan berdaya saing global.

“Kolaborasi strategis dengan UNY, pemerintah, serta masyarakat menjadi landasan penting dalam mewujudkan visi sekolah,” tutur Sofyan.

Read Next