logo

Kampus

Tim Mahasiswa UKDW Beri Edukasi Manajemen Kewirausahaan dan Digital Marketing pada Karang Taruna Adipati Anom

Tim Mahasiswa UKDW Beri Edukasi Manajemen Kewirausahaan dan Digital Marketing pada Karang Taruna Adipati Anom
Empat mahasiswa UKDW Yogyakarta melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi mengenai digital marketing dalam kewirausahaan serta manajemen kewirausahaan yang optimal kepada kelompok Karang Taruna Adipati Anom di Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Proposal program kegiatan ini berhasil mendapatkan Hibah PKM Skema Pengabdian Masyarakat dari Kemendikbudristek melalui Ditjen Diktiristek. (EDUWARA/Dok. UKDW)
Setyono, Kampus27 Juli, 2023 18:57 WIB

Eduwara.com, JOGJA -- Empat mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi mengenai digital marketing dalam kewirausahaan serta manajemen kewirausahaan yang optimal. 

Edukasi yang bermuatan materi seperti algoritma dan copywriting, maupun workshop dan pelatihan visual konten media sosial diberikan kepada kelompok Karang Taruna Adipati Anom di Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Hal ini dilakukan karena dampak pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi perekomonian masyarakat, khususnya Karang Taruna Adipati Anom, yang memfasilitasi masyarakat sekitar yang memiliki usaha bisnis katering. 

Sebelumnya, usaha tersebut berkembang dengan cukup baik, namun sejak pandemi berlangsung, usaha menjadi terkendala karena tidak mendapatkan pemasukan tetap untuk mencukupi kebutuhan. Setelah melakukan pengamatan, ternyata Karang Taruna Adipati Anom kurang memanfaatkan digital marketing untuk menunjang penjualan usaha mereka. 

Oleh karena itu, tim mahasiswa UKDW yang terdiri dari Karen Jeanira Wahyudi (Prodi Informatika), Marschelia Hardika Puteri (Prodi Manajemen), Eka Daffa Sadewa (Prodi Arsitektur), dan Andrea Christian Pirlo (Prodi Sistem Informasi) lantas menyusun program berjudul “Edukasi Optimalisasi Manajemen Kewirausahaan dan Pemanfaatan Digital Marketing Pasca Pandemi Kepada Karang Taruna Adipati Anom”. 

Dengan bimbingan Martha Lusiana, selaku Dosen Mata Kuliah Humaniora UKDW, proposal yang diajukan oleh tim ini berhasil mendapatkan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Skema Pengabdian Masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek).

Karen Jeanira Wahyudi selaku ketua tim menjelaskan ke depan, program ini memiliki banyak manfaat dan dapat memberikan dampak yang bagus. 

“Program ini akan memudahkan Karang Taruna Adipati Anom dalam memasarkan usaha, produk, serta meningkatkan rasa percaya diri mereka untuk membina masyarakat sekitar sehingga bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam berkarya,” terang Karen, dalam rilis Kamis (27/7/2023).

Karen berharap melalui program tersebut, Karang Taruna Adipati Anom dapat memahami manajemen kewirausahaan dan memanfaatkan digital marketing dengan optimal sehingga usaha yang sudah mereka rintis dapat semakin berkembang. (*)

Read Next