logo

Kampus

Tingkatkan Kemampuan Literasi Siswa, Prodi PBI UKDW Kolaborasi dengan KIPIN Sediakan Buku Digital

Tingkatkan Kemampuan Literasi Siswa, Prodi PBI UKDW Kolaborasi dengan KIPIN Sediakan Buku Digital
Para mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta sedang mendampingi kegiatan anak-anak usia Sekolah Dasar di Desa Wisata Rejowinangun Yogyakarta. Untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak tersebut, mereka menggandeng Kipin.id untuk penyediaan buku-buku digital. (EDUWARA/Dok. UKDW)
Setyono, Kampus06 Juni, 2023 06:58 WIB

Eduwara.com, JOGJA -- Dalam mewujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bekerjasama dengan Kipin.id dalam hal penyediaan buku digital untuk meningkatkan kemampuan dan semangat literasi berbahasa Inggris di kalangan anak-anak sekolah dasar (SD) di Desa Wisata Rejowinangun Yogyakarta.

Ignatius Tri Endarto, dosen PBI UKDW sekaligus salah satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), menyebutkan program ini merupakan salah satu program MBKM yang dilaksanakan UKDW yakni MBKM BKP Pembangunan Desa. Program ini dirancang untuk mengasah softskill kemitraan dan leadership mahasiswa dalam mengelola program kerja di wilayah pedesaan.

“Kegiatan ini diadakan di Omah Sinau atau Rumah Belajar yang berlokasi di rumah pribadi milik salah satu warga. Program yang dilaksanakan oleh delapan mahasiswa PBI dan dipantau tiga DPL ini berlangsung selama enam minggu, mulai dari minggu pertama bulan Mei hingga minggu kedua bulan Juni 2023,” terang Ignatius Tri Endarto, dalam rilis Senin (5/6/2023).

Lebih lanjut Ignatius menjelaskan, salah satu program yang dilaksanakan adalan Fun Book Club, di mana anak-anak belajar membaca buku berbahasa Inggris, memainkan games, dan mengadakan kuis berhadiah. 

“Nantinya kami akan berkoordinasi dengan pihak Kipin.id tentang jumlah buku yang diperlukan dengan mencatat jumlah anak yang mempunyai gawai serta alamat email mereka. Sedangkan anak yang tidak memiliki gawai akan dibantu oleh para mahasiswa dengan menyediakan gawai untuk mengakses aplikasi belajar Kipin.id,” imbuhnya.

Kipin (Kios Pintar) adalah suatu media pembelajaran abad 21 yang memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana untuk mendapatkan materi pelajaran lengkap dan gratis. Kipin memiliki produk unggulan bernama Kipin.id School 4.0, yaitu sebuah mobile aplikasi yang berisi materi pelajaran K13 (buku pelajaran sekolah, video pelajaran sekolah, latihan tryout dan komik literasi) untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK + Sistem Ujian Online.

Pemberian voucher ini diharapkan dapat membantu pelaksanaan pembelajaran di titik aksi yang lebih mudah dan praktis, sehingga upaya dalam memperkenalkan pembelajaran digital di sekolah pun bisa terealisasi dengan baik, sehingga semua anak-anak di titik aksi bisa mendapatkan pembelajaran yang praktis dan bisa menjadi anak yang kreatif dan melek teknologi. (*)

Read Next