logo

Kampus

UB Segera Buka Prodi Magister Ilmu Pemerintahan

UB Segera Buka Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Ruang Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Brawijaya (EDUWARA/Fathul Muin)
Fathul Muin, Kampus20 Januari, 2022 21:54 WIB

Eduwara.com, MALANG — Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) Malang bersiap membuka program studi Magister Ilmu Pemerintahan paling lambat pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023.

Ketua Jurusan Politik, Pemerintahan, Hubungan Internasional (PPHI) FISIP UB, Aswin Ariyanto Azis, menjelaskan pendirian prodi S2 Ilmu Pemerintahan adalah salah satu program kerja dari jurusan PPHI. Saat ini proses pendirian tersebut sedang dalam tahap pengajuan perizinan.

Terkait alasan kenapa prodi S2 Ilmu Pemerintahan layak untuk didirikan, kata dia, karena permintaan masyarakat yang secara berkelanjutan menanyakan mengenai potensi studi lanjut di S2 Ilmu Pemerintahan UB. 

"Apalagi akreditasi S1 Ilmu Pemerintahan di UB sudah A sehingga dirasa mumpuni jika membuka prodi S2,"ucapnya, Kamis (20/1/2022).  

Kemudian tentang kekhasannya, jika prodi S2 Ilmu Pemerintahan UB disetujui, kata dia, maka Universitas Brawijaya akan menjadi satu satunya kampus negeri di Jawa Timur yang memiliki Magister Ilmu Pemerintahan.

"Tentu jika sudah berdiri maka akan memudahkan stakeholders terkait yang ingin melanjutkan S2 secara linier tentang Ilmu Pemerintahan atau ASN yang memang berhubungan erat dengan kajian Ilmu Pemerintahan," tuturnya.

Saat ini kata Aswin, proposal pendirian prodi S2 Ilmu Pemerintahan UB sedang menjalani proses review di tingkat universitas, yang selanjutnya akan melangkah ke kementerian.

Dia memperkirakan pembukaan prodi baru itu direalisasikan pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023. Namun jika proses review berjalan cepat, tim pendirian S2 sudah mempersiapkan untuk antisipasi pembukaan S2 Ilmu Pemerintahan pada semester genap tahun 2022 ini.

Dia optimistis, prodi S2 Ilmu Pemerintahan ini akan banjir peminat sebab mendapatkan dukungan kelembagaan di tiap level. Kemudian jejaring prodi baik dari lulusan maupun pengguna lulusan.

"Tentu jejaring ini memudahkan kami juga untuk rencana sosialisasi pendirian S2 Ilmu Pemerintahan di UB," ujarnya.

Read Next