logo

Kampus

UI Siap Berpartisipasi di Ibu Kota Nusantara

UI Siap Berpartisipasi di Ibu Kota Nusantara
Gedung Rektorat Universitas Indonesia di Kota Depok, Jawa Barat (EDUWARA/Humas UI)
Bhakti Hariani, Kampus15 Maret, 2022 21:50 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Universitas Indonesia (UI) sebagai perguruan tinggi yang menyandang nama Indonesia, menyatakan siap untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Sekretaris Universitas Indonesia Agustin Kusumayati mengatakan, UI berusaha hadir dalam setiap upaya pembangunan bangsa dan negara. Dalam konteks pembangunan dan pengembangan IKN, UI juga ingin turut berpartisipasi dan berkontribusi.

“Partisipasi di bidang pendidikan, pembangunan dan lainnya. UI siap berpartisipasi dan memberikan kontribusi yang terbaik dalam pembangunan IKN termasuk mendukung pengembangan pendidikan tinggi di IKN dan wilayah sekitarnya,” ujar Agustin kepada Eduwara.com melalui keterangan tertulis, Selasa (15/3/2022).

Dilansir dari laman kominfo.go.id, Ibu Kota Negara akan dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai Visi Indonesia 2045. Dibangun dengan identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, serta mempercepat Transformasi Ekonomi Indonesia.

Ibu Kota Nusantara telah disepakati dalam bentuk satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi yang wilayahnya menjadi tempat kedudukan Ibu Kota Negara. Sebutan Otorita IKN sebagai pemerintah daerah khusus Ibu Kota Nusantara diberikan untuk merespons perkembangan era digital saat ini dalam memudahkan pelaksanaan segala urusan pembangunan IKN.

Terdapat tiga tujuan utama IKN, yakni simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia, serta sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. Pembangunan IKN, selain  menjadi upaya mengubah paradigma pembangunan menjadi Indonesia-sentris, juga sekaligus untuk merealisasikan Visi Indonesia 2045. Dalam setiap prosesnya, pembangunan IKN akan melibatkan masyarakat sekitar Kalimantan Timur.  

Read Next