logo

Kampus

UIN Raden Intan Lampung Buka Layanan Asesmen dan Konseling Karir

UIN Raden Intan Lampung Buka Layanan Asesmen dan Konseling Karir
Peresmian layanan asesmen dan konseling karir UIN Lampung (Kemenag)
Bunga NurSY, Kampus31 Maret, 2022 05:22 WIB

Eduwara.com, JAKARTA—Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung melalui UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir membuka layanan asesmen dan konseling mengenai karir dan mencari pekerjaan. 

Layanan ini diresmikan oleh Rektor UIN Lampung Wan Jamaluddin di gedung auditorium kampus, Rabu (30/3/2022). 

Wan mengatakan, dunia pendidikan harus mampu beradaptasi dengan kemajuan dan kebutuhan zaman. Menurutnya, layanan asesmen dan konseling karir ini diharapkan menjadi salah satu solusi bagi mahasiswa dan alumni dalam mencari pekerjaan atau passion yang tepat.

“Tren positif dan capaian UIN harus di maintenance. di antaranya dengan layanan ini.  Mahasiswa harus dapat meningkatkan kualitas diri di tengah kemajuan teknologi ini,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Kemenag, Rabu (30/3/2022).

Bagi mahasiswa maupun alumni yang ingin menggunakan layanan ini, dapat langsung menghubungi UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir. Jenis layanan tersebut di antaranya konseling dan psikoterapi; tes psikologi (psikotes); serta seminar, workshop, dan pelatihan.

Peresmian layanan ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (nota kesepahaman) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS), serta pelatihan job seeking. Terdapat empat  institusi dan perusahaan yang menandatangani MoU dan PKS dengan UIN Lampung, yakni Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, PT Nutrifood Indonesia Cabang Lampung, Indonesia Marketing Association (IMA), dan Grup Astra Wilayah Lampung.

Ruang lingkup kerja sama ini antara lain dalam bidang pendidikan, pelatihan, magang, penyediaan lapangan kerja, dan informasi mengenai dunia kerja. 

Read Next