logo

Kampus

UIN Sunan Kalijaga Berikan Gelar Honoris Causa untuk Tiga Tokoh

UIN Sunan Kalijaga Berikan Gelar Honoris Causa untuk Tiga Tokoh
Rektor UIN Sunan Kalijaga Al Makin (Istimewa)
Setyono, Kampus03 Februari, 2023 16:15 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga berencana memberikan Gelar Honoris Causa kepada tiga tokoh penting untuk merayakan keragaman, perbedaan, dan inklusivitas.

Rektor UIN Suka Al Makin menyatakan ketiga tokoh penting ini adalah Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot mewakili umat Katolik, Yahya Cholil Staquf dari PBNU dan Muhammadiyah diwakili Sudibyo Markus.

"Mereka adalah tiga tokoh penting dari umat yang berbeda. Ini kami lakukan dengan harapan dapat menjadi contoh bagaimana kampus UIN Sunan Kalijaga memberikan penghargaan yang sama terhadap semua umat yang berbeda-beda," jelasnya, Jumat (3/2/2023).

Melalui moment ini, UIN Sunan Kalijaga menyampaikan tekadnya untuk menghargai perbedaan dan pilihan. Serta mengajak masyarakat luas merayakan toleransi, keragaman, perbedaan, dan saling memahami antar umat.

"Mari kita hargai ketiga tokoh itu dalam perannya dalam perdamaian dunia, toleransi, dialog antar umat, dan visi - misi mereka sebagai pemimpin umat. Semua boleh berbeda asal saling memahami," katanya.

Lewat penghargaan ini UIN Sunan Kalijaga akan menjadi kampus dan rumah yang harus nyaman bagi semua pemeluk agama, mazhab, aliran, tradisi, budaya dan bangsa.

UIN Sunan Kalijaga percaya bahwa hal ini akan menandai pentingnya solidaritas global dan kemanusiaan, dan pemberian gelar honoris causa ini menegaskan peran Indonesia di mata dunia, terutama Islam Indonesia.

"Semoga melalui penganugerahan gelar kehormatan ini dapat memberikan impact internasionalnya sehingga Islam Indonesia memberi warna di dunia dan terbukti Islam Indonesia ini Islam yang ramah pada budaya tradisi," tutupnya.

Read Next