logo

Kampus

UMM Buka Program KESI untuk Siswa SMA Sederajat

UMM Buka Program KESI untuk Siswa SMA Sederajat
Suasana belajar luring di UMM sebelum pandemi. (EDUWARA/Istimewa)
Fathul Muin, Kampus18 Februari, 2022 00:31 WIB

Eduwara.com, MALANG — Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuka program Kompetensi Ekstra Siswa Indonesia (KESI) bagi siswa-siswi kelas XII SMA/SMK/MA sederajat, yang akan dimulai April 2022.

Kepala Biro Informasi dan Komunikasi UMM, Suyatno, menjelaskan KESI menjadi salah satu jawaban untuk membekali siswa dengan kemampuan baru yang sesuai dengan passion dan minat mereka.

"Tidak banyak sekolah yang menyediakan pendidikan semacam ini, maka UMM hadir untuk menyediakannya. Apalagi di era seperti sekarang ini, institusi pendidikan tinggi dituntut menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu beradaptasi dengan dunia yang serba digital," ungkapnya, Kamis (17/2/2022).

Selain memberikan materi ekstra, kata dia, program ini juga menjadi sarana mengenalkan sistem pendidikan tinggi kepada siswa kelas XII SMA. Ada lebih dari 30 course yang bisa dipilih oleh peserta. Mereka juga dibebaskan untuk memilih salah satu yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Peserta akan mendapatkan beragam manfaat, mulai dari sertifikat kompetensi ekstra terkait kursus yang diikuti, bantuan kuota internet senilai Rp 100.000 setiap siswa yang ditransfer langsung ke rekening bank siswa, potongan biaya pendaftaran Rp100.000 jika mendaftar sebagai mahasiswa baru UMM, dan kemudahan-kemudahan lain.

Aktivitas ini nantinya diadakan secara full daring sebagaimana pendidikan berlangsung selama ini melalui Learning Management System (LMS) UMM.

"Dalam pelaksanaannya, program KESI ini merupakan pembelajaran singkat atau kursus singkat yang mencakup hard skill dan soft skill bagi siswa. Akan ada instruktur dari dunia usaha-dunia industri (DUDI) yang juga juga mengisi course. Dengan begitu para siswa bisa mengetahui dan mengenal bagaimana dunia industri," ujarnya.

Suyatno menegaskan, program ini meliputi kegiatan tutorial, praktik dan pemberian proyek kepada para siswa peserta. Ada total empat pertemuan yang terdiri dari dua pertemuan tutorial, satu kali penugasan atau proyek dan satu pertemuan evaluasi.

Program terobosan ini diharapkan bisa menambah pengetahuan dan pengalaman siswa, tidak hanya mengenai dunia kampus saja, tapi juga bagaimana dunia kerja berlangsung. Selain itu juga mendorong bertambahnya siswa yang melanjutkan studi ke jenjang universitas.

"Pendaftaran program ini tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis. Silakan para siswa memanfaatkan kesempatan terbatas ini untuk menambah kompetensi ekstra. Siswa-siswi kelas III SMA/SMK/MA dapat memperoleh informasi dan mendaftar secara online langsung di alamat kesi.umm.ac.id," ucapnya. 

Read Next