logo

Kampus

UMM Hadirkan American Corner, Fasilitasi Masyarakat Belajar Soal Amerika Serikat

UMM Hadirkan American Corner, Fasilitasi Masyarakat Belajar Soal Amerika Serikat
Suasana keseharian di American Corner UMM. (UMM)
Fathul Muin, Kampus17 Mei, 2022 15:09 WIB

Eduwara.com, MALANG—Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memfasilitasi masyarakat yang ingin belajar percakapan Bahasa Inggris, studi dan riset, serta mengenal budaya Amerika Serikat lewat American Corner.

Direktur American Corner (Amcor) UMM Ria Arista Asih, mengatakan Amcor menjadi salah satu tempat menarik untuk mengembangkan wawasan internasional, terutama dalam mempelajari beragam hal terkait Amerika Serikat, mulai dari studi, riset hingga budaya. 

"American Corner tersebut berada di bawah naungan Kedutaan Besar AS (US Embassy). Di samping itu juga telah bermitra dengan My America Jakarta dan Surabaya. Ada banyak fasilitas dan kegiatan menarik yang selalu dihadirkan oleh Amcor UMM," katanya, Selasa (17/5/2022).

Menurut dia, UMM menjadi satu-satunya kampus yang memiliki Amcor di Kota Malang sekaligus yang kedua di Jawa Timur. Total, ada sepuluh Amcor yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Jadi, para mahasiswa bisa berkunjung di jam-jam operasional. Bisa datang ketika ada agenda maupun hanya sekadar bermain untuk menambah wawasan dan melatih Bahasa Inggris," tambahnya.

Amcor UMM memiliki beberapa fasilitas, tidak hanya terbatas bagi mahasiswa UMM, tapi juga bagi masyarakat lain. Ada ratusan koleksi buku berbahasa Inggris, majalah internasional, akses jurnal internasional, hingga sederet komputer. Bahkan ada pula beragam board games, akses internet yang cukup cepat, DVD dan dilengkapi dengan ruangan yang nyaman. 

"Amcor UMM ini saya rasa bisa menjadi rujukan tempat untuk berdiskusi, belajar bahkan juga bermain bagi para mahasiswa. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menarik pula," ungkap Ria. 

Selain fasilitas, pihaknya juga menyediakan program rutin tiap minggunya. Salah satunya adalah English Speaking Buddy yang memungkinkan pengunjung untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Adapula Students Takeover, dimana para mahasiswa yang berkuliah di luar negeri bisa menunjukkan bagaimana kondisi dan situasi belajar di tempat studinya. Kemudian ada juga Miscellaneous atau program live discussion yang membahas lebih dalam mengenai isu-isu yang sedang hangat. 

Read Next