logo

Kampus

UMY Lepas 801 Wisudawan di Masa Pandemi

UMY Lepas 801 Wisudawan di Masa Pandemi
Prosesi Wisuda Sarjana, Pascasarjana, dan Vokasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Periode II Tahun Ajaran 2021/2022, yang diselenggarakan secara blended, Rabu (8/12/2021) ((EDUWARA/Humas UMY))
Setyono, Kampus08 Desember, 2021 19:30 WIB

Eduwara.com, JOGJA -- Meski pandemi Covid-19 masih belum berakhir, Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Gunawan Budiyanto meminta kondisi ini bukan menjadi penghalang wisudawan wisudawati untuk berkarya dan berprestasi.

Hari ini, Rabu (8/12/2021) UMY menggelar prosesi wisuda sarjana, pascasarjana, dan vokasi periode II tahun ajaran 2021/2022. Dalam prosesi ini UMY juga meluluskan lima mahasiswa asing dan enam mahasiswa berprestasi dari 801 wisudawan.

Ini adalah pelaksanaan wisuda yang ke lima semenjak pandemi Covid-19 dan dilakukan secara blended; luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring).

Rektor Gunawan berpesan kepada mahasiswa bahwa pandemi Covid-19 bukan akhir segalanya, dan bukan penghalang untuk berkarya dan berprestasi.

"Pandemi Covid-19 bukanlah akhir dari segalanya. Di tengah pandemi dari 2020 sampai dengan hari ini, UMY tetap memegang komitmen untuk tidak memperlambat masa studi dan proses belajar mengajar para mahasiswa dan menunjang untuk terus mengukir prestasi dan berkarya," kata Gunawan dalam sambutannya.

Gunawan juga menyampaikan upaya proteksi dengan berbagai macam protokol kesehatan yang telah dilakukan UMY selama 19 bulan. UMY tetap bekerja dan melaksanakan proses belajar mengajar dengan lancar.

Hasilnya sampai hari ini, di lingkungan UMY tidak tercatat dan terdapat kasus-kasus yang mengkhawatirkan selama pandemi Covid-19. Malah justru UMY semakin mendapatkan berbagai prestasi yang luar biasa.

"Di antaranya UMY masuk dalam jajaran 500 PT terbaik se-Asia. Pada tahun 2021 UMY masuk dalam rangking 10 besar nasional kegiatan kemahasiswaan," ujarnya.

Lima mahasiswa asing yang telah selesai menyelesaikan masa studi dan turut diwisuda berasal dari Thailand, Arab Saudi, Philipina, Timor Leste.

Di momen yang sakral ini beberapa mahasiswa telah menyumbangkan prestasinya dan diwisuda pada periode II Tahun Ajaran 2020/2021 antara lain adalah Adi Bayu Putra (Prodi Ilmu Komunikasi) yang berhasil menjadi Juara 1 Nasional Film Fiksi Pendek Festival Film Pendek Mahasiswa Kemendikbudristek, dan Juara 2 Nasional Kategori Film Dokumenter Drama Pekan Seni Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Kemudian, Tari Yudis Pratama (Prodi Komunikasi Penyiaran Islam) dengan prestasi Juara 1 Festival Film Mahasiswa Indonesia 2020 sebagai sutradara film 'Dalam Jaringan', dan An Ufi Lukman (Prodi Teknik Elektro) Juara 2 PKM tingkat swasta nasional.

Lalu Izzon Suhandra (Prodi Teknik Mesin) sebagai Juara 2 PKMKC TIM TANAS UAD 2020; Dendi indra Kurniawan (Prodi Ilmu Ekonomi) yang masuk Top 5 Finalis Kompetisi Inklusi Keuangan Kategori Akademisi dari OJK, dan Muhammad Pasha Muttawakil ( D3 Elektromedik) yang masuk Top 15 Finalis Mahasiswa Diploma Berprestasi dalam Pilmapres 2021.

Read Next