logo

Kampus

UMY Tawarkan Kesempatan Kuliah di Program Internasional bagi Siswa Terbaik dari 19 Sekolah Unggulan

UMY Tawarkan Kesempatan Kuliah di Program Internasional bagi Siswa Terbaik dari 19 Sekolah Unggulan
Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Gunawan Budiyanto saat bersilaturahmi dengan perwakilan dari 19 sekolah unggulan, seusai penandatanganan kerja sama antara UMY dan 19 sekolah unggulan, di kampus UMY, (Rabu (23/11/2022). (EDUWARA/UMY)
Setyono, Kampus24 November, 2022 00:58 WIB

Eduwara.com, JOGJA - Delapan program internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menawarkan kesempatan kuliah bagi siswa terbaik dari 19 sekolah unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan daerah sekitar.

Penawaran kesempatan berkuliah tersebut disampaikan Rektor Gunawan Budiyanto saat bersilaturahmi dengan perwakilan dari 19 sekolah unggulan.

"Kami memperkenalkan kelas program internasional yang ada di UMY kepada perwakilan sekolah unggulan dan menjalin kerja sama dengan mereka," kata Rektor Gunawan, Rabu (23/11/2022).

Rektor mengatakan UMY memiliki keyakinan siswa-siswa yang ada di sekolah unggulan memiliki kemampuan yang luar biasa baik soft skill maupun hard skill.

"Dan hal ini akan disesuaikan dengan program internasional yang relevan di UMY," tutur Gunawan.

Melalui kerja sama yang ditandatangani, Gunawan menjelaskan UMY memberikan kesempatan bagi 16 siswa terbaik dari 19 sekolah melanjutkan pendidikan ke program internasional.

Mereka akan diberikan keringanan biaya dan kesempatan mengikuti program exchange ke kampus luar saat berada di semester lima atau enam.

"Kami menyediakan kuota sebanyak 16 anak didik dari setiap sekolah unggulan. Dari 16 anak didik yang sudah terseleksi, masing-masing dua anak didik akan dimasukkan ke delapan program internasional UMY," jelas Rektor.

Kepala Biro Admisi UMY Imam Suprabow menerangkan delapan program internasional yang ditawarkan yaitu Program of International Relations (IPIREL), International Program of Law and Sharia (IPOLS), dan International Program of Islamic Economics & Finance (IPIEF).

Kemudian, International Program of Governmental Studies (IGOV), International Program of Accounting (IPACC), International Program of Management and Business (IMABS), International Program of Islamic Communication (IPICOM) dan International Program of Communication Studies (IP-COS).

Sedangkan 19 sekolah yang dinilai UMY merupakan sekolah unggulan adalah SMA Muhammadiyah 1 Klaten, SMA Trensain Muhammadiyah Sragen, MA Al Irsyad Tengaran, MAN 1 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMA Negeri 8 Yogyakarta, SMA Negeri 3 Yogyakarta, MA Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, dan SMAIT Abu Bakar Kulon Progo.

Kemudian, SMA Negeri 1 Yogyakarta, MA Al Mukmin Muhammadiyah Tembarak, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta, MA Darul Quran, SMA Mujahidin Muhammadiyah Wonosari, SMA Darul Hikmah Kutoarjo, SMA Baitul Quran, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, MA Ponpes Ibnul Qoyyim Putra Bantul, dan Muhammadiyah Boarding School Pleret.

Read Next