logo

Kampus

Universitas Respati Gelar Program Kampus Sehat

Universitas Respati Gelar Program Kampus Sehat
Rektor Universitas Respati Yogyakarta Prof. Santoso memberikan sambutan dalam Pelatihan Kader Posbindu. Universitas tersebut mendapat hibah dari Kementerian Kesehatan untuk menyelenggarakan program kampus sehat. (Dokumentasi HPU Universitas Respati Yogyakarta)
Adnyana, Kampus29 Oktober, 2021 17:39 WIB

Eduwara, JOGJA—Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) mendapat hibah untuk melakukan kegiatan Health Promoting University (HPU) atau Kampus Sehat Unriyo. Hibah tersebut berasal dari Kementerian Kesehatan RI untuk mewujudkan civitas akademika dan lulusan yang sehat. 

Dalam melaksanakan Program HPU atau Kampus Sehat Unriyo tersebut, Unriyo mendapatkan pendampingan dari Universitas Gadjah Mada.

Rektor Unriyo Santoso menyebutkan rangkaian kegiatan HPU-- Kampus Sehat Unriyo telah dilakukan sejak Agustus 2021 dengan sejumlah program antara lain peningkatan literasi kesehatan, penerapan kampus bebas tembakau, optimalisasi layanan kesehatan, penerapan kantin sehat serta penguatan lingkungan sehat atau green campus.

“Kegiata ini diawali dengan pembekalan, penggalangan komitmen , sosialisasi dan penyamaan persepsi terhadap pemangku kepentingan dan civitas Unriyo,üjarnya dalam keterangan tertulis yang dikirim ke Eduwara.com, Jumat (29/10).

Terkait dengan program HPU tersebut, Unriyo menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman untuk menyelenggarakan seminar kesehatan bagi dosen dan tenaga kependidikan Unriyo serta pembinaan kader Kesehatan mahasiswa universitas tersebut.

“Bersamaan dengan kegiatan itu, sekitar 30 mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Unriyo kita latih menjadi kader Kesehatan khusus terkait pengendalian tembakau,”jelasnya.

Pelatihan tersebut bertujuan mempersiapkan mahasiswa menjadi agen perubahan dan teladan dalam mempraktikkan kebiasaan hidup sehat yaitu tidak merokok, sehingga ikut andil dalam mewujudkan generasi muda yang sehat, unggul dan produktif. 

Selain itu, pada Jumat (29/10), Unriyo juga meresmikan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Idaman Unriyo yang melayani cek Kesehatan bagi seluruh sivitas akademika perguruan tinggi itu. 

Read Next