logo

Kampus

Wapres Ma'ruf Amin: Perguruan Tinggi Berperan Penting Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Wapres Ma'ruf Amin: Perguruan Tinggi Berperan Penting Dorong Pertumbuhan Ekonomi
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin di acara wisuda virtual semester gasal tahun akademik 2020/2021 Universitas Indonesia (UI)
Bhakti Hariani, Kampus01 Maret, 2022 10:59 WIB

Eduwara.com, DEPOK – Perguruan tinggi memiliki peranan penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi suatu bangsa.

Hal ini dikatakan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin di acara wisuda virtual semester gasal tahun akademik 2020/2021 Universitas Indonesia.

Dia mengatakan, fungsi pendidikan tinggi bukan sekadar menyiapkan sumber daya manusia secara individual, tetapi memiliki peranan yang krusial bagi kemakmuran masyarakat dan bangsa. 

“Pendidikan tinggi adalah faktor penentu pertumbuhan ekonomi jangka panjang, kemajuan teknologi dan peningkatan keahlian praktis. Pendidikan tinggi menyediakan stok keahlian dan kompetensi yang meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Ma’ruf Amin melalui keterangan pers yang diterima Eduwara.com, Senin (28/2/2022).

Senada, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) Andi Widjajanto mengungkapkan tantangan-tantangan yang akan dihadapi Indonesia dalam perjalanan menuju 2045, saat Republik Indonesia berusia 100 tahun. Dikatakan Andi, Indonesia harus mampu berpikir komprehensif, kompleks, dan berpikir holistik. 

Hal ini dimulai dengan cara memperkuat demokrasi, mengokohkan pertumbuhan ekonomi, memmpercepat pemerataan infrastruktur, memanfaatkan bonus demografi, melakukan modelisasi dan tranformasi pertahanan kedepan, dan yang paling utama adalah bagaimana kita memperkuat budaya strategis.

“Di sinilah pentingnya peran perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia selalu melaksanakan Tri Dharma pendidikannya untuk membuat program-program pendidikan, penelitian, kajian yang dilakukan oleh universitas,” kata Andi.

Dengan demikian, lanjut Andi, mampu mempersiapkan Indonesia untuk melakukan transformasi-transformasi variable utama, sehingga Indonesia mampu memproyeksikan kekuatannya tidak hanya di kawasan Asia Timur tapi bahkan di lingkungan global.

Terobosan

Rektor UI Ari Kuncoro menuturkan, UI berkomitmen dan terus merealisasikan visi dan misinya sebagai kampus terkemuka, yang toleran, inklusif, unggul, dan nyaman bagi seluruh warganya. 

Selain itu, lebih lanjut dikatakan Ari, UI melakukan berbagai terobosan beradaptasi dengan cepat terhadap berbagai perubahan. 

Pada Semester Genap 2021/2022, UI membuka beberapa program studi baru. Untuk jenjang D4, di Program Pendidikan Vokasi dibuka program studi Fisioterapi, Terapi Okupasi, Manajemen Rekord dan Arsip, Bisnis Kreatif, Produksi Media, dan Manajemen Bisnis Pariwisata. 

Pada jenjang S1, dibuka kelas Paralel untuk bidang studi Teknik Perkapalan, Teknik Komputer, dan Arsitektur Interior.

Pada program magister dibuka program Manajemen Bencana di Sekolah Ilmu Lingkungan, Fisika Medis di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan tiga program magister baru di di Fakultas Teknik, yakni Perencanaan Wilayah dan Kota, Manajemen Integritas Material, dan Teknik Lingkungan.

Wisuda virtual pada Semester Gasal 2021/2022, tercatat 30 orang dari Program Pendidikan Vokasi, dari Program Sarjana terdapat 1.933 orang, dari Program Profesi ada 308 orang, dari Program Spesialis berjumlah 304 orang lulusan, dari Program Magister sebanyak 1.478 orang lulusan, dan dari Program Doktor tercatat 122 orang orang. 

Secara keseluruhan, wisudawan yang lulus dengan predikat cumlaude sebanyak1.460 orang dari total lulusan 4.175 orang atau sebesar 35%. Pada tahun ini, persentase cumlaude terbesar berasal dari jenjang Spesialis-2, yang mencapai 56%.

Read Next