Di Dies Natalis ke-58, PEM Akamigas Bertekad Tingkatkan Mutu Pendidikan

24 Oktober, 2024 22:03 WIB

Penulis:Redaksi

Editor:Ida Gautama

24102024-PEM Akamigas Dies Natalis.jpg
Sidang Senat Terbuka yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Ke-58 PEM Akamigas, di Grha Oktana PEM Akamigas, Kamis (24/10/2024). Pada puncak peringatan Dies Natalis tersebut, Direktur PEM Akamigas, Erdila Indriani, kembali menegaskan tekad PEM Akamigas untuk senantiasa meningkatkan mutu pendidikan yang diselenggarakan, seiring upaya menuju World Class Polytechnic. (EDUWARA/Dok. PEM Akamigas)

Eduwara.com, BLORA – Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas bertekad akan terus meningkatkan mutu pendidikan yang diselenggarakan, seiring upaya menuju World Class Polytechnic. Peningkatan mutu pendidikan tersebut di antaranya dilakukan dengan Akreditasi Unggul Program Studi (Prodi).

Keinginan atau tekad tersebut kembali ditegaskan Direktur PEM Akamigas, Erdila Indriani, pada Sidang Senat Terbuka yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis Ke-58 PEM Akamigas, di Grha Oktana PEM Akamigas, Kamis (24/10/2024).

“Selama satu tahun terakhir, PEM Akamigas telah mendapatkan tiga akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Teknik untuk Prodi Teknik Produksi Migas, Teknik Pengolahan Migas dan Teknik Instrumentasi Kilang,” kata Erdila di hadapan civitas akademika PEM Akamigas dan tamu undangan seperti Sekretaris BPSDM ESDM Wakhid Hasyim, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Kepala Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi LEMIGAS, dan lain-lain.

Selain itu, lanjut Erdila, dari 308 wisudawan PEM Akamigas yang diwisuda pada pada Juli 2024, saat ini sudah terdapat 45 persen wisudawan PEM Akamigas tahun 2024 yang sudah bekerja. Sedangkan untuk lulusan 2023, yang telah bekerja hampir mencapai 90 persen.

Terkait dengan tema Dies Natalis Ke-58 PEM Akamigas, yaitu “Energy for Empowering Society”, Erdila juga menyampaikan tekad PEM Akamigas untuk terus memberikan kontribusi yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Hasil cipta PEM Akamigas di bidang energi tidak hanya dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat Cepu, namun juga menjadi bagian dari cita-cita Indonesia menuju Net-Zero Emission

“Kami berharap bahwa lulusan kami dapat berkontribusi aktif pada perusahaan tempat mereka bekerja ataupun menjadi wirausaha yang berkontribusi bagi masyarakat di sekitarnya. Sehingga pada akhirnya, lulusan kami dapat menjadi pilar pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045,” paparnya.

Giring-giring

Seperti diketahui, pada awal pendiriannya 24 Oktober 1966 dan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor: 91/DD/Migas/1966 tentang Pendirian Akademik Minyak dan Gas Bumi (AMGB), PEM Akamigas masih menerapkan pola pendidikan tiga tahun. 

Kini, dengan perkembangan regulasi pendidikan, PEM Akamigas sebagai perguruan tinggi vokasi (D4) di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral terus mengembangkan diri untuk memberikan yang terbaik dalam mendidik putra-putri bangsa Indonesia.

Peringatan Dies Natalis ke-58 PEM Akamigas juga ditandai dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Asisten Manager Production and Operation Pertamina EP Cepu, Ardi. Selain itu, dilakukan pula pemasangan giring-giring sebagai simbol bahwa PEM Akamigas telah mencapai usia 58 tahun. Giring-giring ini juga menjadi lambang tingkat kedewasaan PEM Akamigas dalam berkarya.

Kegiatan lainnya adalah penyerahan penghargaan vyatra bagi pemangku kepentingan dan mahasiswa yang berprestasi. Sedangkan sebelumnya, telah digelar berbagai kegiatan seperti Akamigas Olympic (APIC) dan Vyatra Art, Duta Kampus, Lomba Desain, PEM Islamic Festival, Pasar Rakyat, Donor Darah, Fun Run, dan Futsal antar SMA.