logo

Art

12 Sekolah di Klaten Ikuti Festival Ketoprak Pelajar 2022

12 Sekolah di Klaten Ikuti Festival Ketoprak Pelajar 2022
Penampilan SMP Lazuardi Klaten dalam Festival Ketoprak Pelajar 2022. (EDUWARA/YouTube Dewan Kesenian Klaten)
Redaksi, Art28 November, 2022 21:52 WIB

Eduwara.com, KLATEN – Sebanyak 12 grup ketoprak yang berasal dari SD dan SMP di Kabupaten Klaten turut serta dalam gelaran Festival Ketoprak Pelajar (FKP) 2022, Sabtu (26/11/2022). Festival tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-11 dan digelar di Gedung Kesenian SD Krista Gracia.

Peserta festival berasal dari SMP Lazuardi, MTs Muhammadiyah Trucuk, SMPN 1 Klaten, SMPN 2 Karangnongko, SMPN 7 Klaten, SD Lazuardi, MIM Puluhan Trucuk, SDN Pakahan, SDN 2 Ngemplakseneng, SDN 3 Kalikotes, SDN 1 Barenglor, dan SDN 1 Wonoboyo.

Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya menyampaikan, FKP terselenggara berkat kerja sama seluruh pihak, utamanya Dewan Kesenian Kabupaten Klaten. FKP digelar dalam rangka mewujudkan tri karsa budaya, yaitu meluhurkan, mengembangkan, dan melestarikan seni budaya daerah.

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Klaten dan mewakili masyarakat Kabupaten Klaten menyambut baik dan memberikan apresiasi yang luar biasa, kepada para inisiator FKP dan penyelenggara FKP tahun 2022 ini,” kata Yoga Hardaya seperti dilansir Eduwara.com, Senin (28/11/2022), dari laman Pemprov Jateng.

Yoga berharap, FKP dapat terus dilaksanakan secara rutin sebagai salah satu metode pembelajaran untuk mengenal sejarah, kegotongroyongan, dan perjuangan hidup para tokoh. Karena, hal tersebut bisa menjadi teladan bagi para pelajar.

“Festival ini hendaknya memberi warna dan kontribusi pembangunan sumber daya manusia, yang sebetulnya bagi generasi muda, bagi para pelajar kita,” papar dia.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara, Sihono menyampaikan, Dewan Kesenian Kabupaten Klaten merajut kembali kegiatan Festival Ketoprak Pelajar setelah terpaksa diberhentikan karena peristiwa pandemi.

Dia menjelaskan, tujuan kegiatan itu adalah menggali, melestarikan, mengembangkan seni tradisional ketoprak di Kabupaten Klaten. Selain itu juga membentuk pribadi karakter berkualitas, yang maju pada pembentukan Profil Pelajar Pancasila.

“Pementasan ketoprak ini sangat mengandung nilai-nilai tinggi gotong royong, kebersamaan, disiplin saling menghormati. Hal ini langsung diterapkan oleh anak-anak sebagai pemeran ketoprak," jelas dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next