logo

Kampus

MERCOMMFEST UMBY Angkat Tema Creativepreneur In Social Media

MERCOMMFEST UMBY Angkat Tema Creativepreneur In Social Media
MERCOMMFEST UMBY Angkat Tema Creativepreneur In Social Media (UMBY)
Setyono, Kampus28 November, 2022 15:29 WIB

Eduwara.com, JOGJA – Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (FIKOMM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengusung tema Creativepreneur in Social Media dalam ajang tahunan Mercu Buana Communication Festival (MERCOMMFEST) 2022 pada minggu lalu.

Diselenggarakan sehari penuh pada Selasa (22/11/2022), agenda rutin tahun ini menghadirkan Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KPID DIY) Agnes Dwirusjiyati sebagai narasumber utama.

Dekan FIKOMM UMBY Didik Haryadi Santoso menyatakan bangga karena ajang yang sebelumnya terhenti selama dua tahun ini terselenggara sukses.

"Meski berlangsung dalam jaringan (Daring) selama dua tahun lalu. Akhirnya Mercommmfest dapat kembali diadakan secara luring di Auditorium Kampus 3 UMBY. Siapapun pemenangn dalam berbagai perlombaan yang digelar, kalian adalah generasi bangsa yang kreatif, " ungkap Didik dalam rilis yang dikirimkan ke Eduwara.com, Senin (28/11/2022) siang.

Ketua pelaksana Mercommfest 2022, Marsha Pramaisella Singal, mengungkapkan total jumlah peserta mencapai 296 orang dengan total 10 kompetisi yang diadakan.

"Peserta yang mengikuti kompetisi ini datang dari berbagai golongan dan mahasiswa pun dari Yogyakarta maupun luar Yogyakarta. Diantaranya dari Universitas Hasanudin, Universitas Negeri Padang, Universitas Gadjah Mada, AKRB Yogyakarta, dan lain sebagainya," katanya.

Di ajang tersebut juga dilakukan pemilihan Duta FIKOMM UMBY 2022 yang langsung dinilai oleh Dekan, Kaprodi, dan juga dosen.

Tidak hanya itu saja perlombaan secara langsung pun turut memeriahkan rangkaian kegiatan Mercommfest 2022, diantaranya adalah kompetisi public speaking, dan news anchor, yang mana dalam perlombaan ini seluruh peserta langsung menunjukkan skill dan kemampuannya di hadapan juri.

"Setelah perlombaan secara langsung, terdapat juga kegiatan awarding session dari beberapa perlombaan yang sebelumnya telah dilakukan secara daring," lanjut Marsha.

Diharapkan kegiatan Mercommfest dapat terus menjadi festival kebanggan FIKOMM UMBY, sehingga terus memberikan inovasi-inovasi baru yang dapat mengasah skill dan juga keterampilan mahasiswa baik itu dari segi akademik  maupun non akademik.

Dalam paparannya, Agnes menyampaikan materi berkaitan dengan media sosial sebagai ruang private atau ruang publik, dan juga peranan dari lembaga KPID dalam penyiaran digital di Indonesia.

Read Next