logo

Kampus

14 Kali Berturut-turut, UMM Raih Anugerah Kampus Unggulan 2021

14 Kali Berturut-turut, UMM Raih Anugerah Kampus Unggulan 2021
Wakil Rektor I UMM Prof Syamsul Arifin (kanan) menerima penghargaan AKU pada Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur di Grand Mercure Malang, Rabu (24/11/2021) ((Istimewa))
Fathul Muin, Kampus25 November, 2021 03:13 WIB

Eduwara.com, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali meraih penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) 2021 dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur (Jatim). Penghargaan ini adalah yang keempat belas kalinya diterima UMM secara berturut-turut.

Rektor UMM, Fauzan, bersyukur UMM bisa kembali memenangkan penghargaan tersebut. Prestasi tersebut merupakan bentuk konsistensi dari sivitas akademika UMM untuk terus berkomitmen akan kualitas pelayanan pendidikan. 

"Prestasi ini tidak boleh berhenti pada raihan ini saja, tetapi harus ditingkatkan kembali. Karena masyarakat membutuhkan pembuktian kualitas, karya nyata, dan tentu contoh konkret. Inilah yang kini menjadi tantangan besar perguruan tinggi, khususnya Kampus Putih UMM," ungkapnya, Rabu (24/11/2021).

Kepala LLDIKTI Wilayah VII Prof  Soeprapto pada Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur di Grand Mercure Malang, Rabu (24/11/2021) secara khusus memberikan apresiasi kepada UMM yang sukses memperoleh penghargaan AKU 14 kali berturut-turut.

Dia berharap UMM bisa terus meningkatkan kinerja dan mendapatkan beragam penghargaan bergengsi lainnya. Tidak terbatas di tingkat nasional saja, tapi juga level internasional.

"Saya kira UMM pantas mendapatkan penghargaan kampus ini. Tentu target UMM selanjutnya adalah prestasi di tingkat yang lebih tinggi serta mampu memberikan kebermanfaatan dalam skala yang lebih luas," ucapnya.

Wakil Rektor I UMM Prof Syamsul Arifin mengapresiasi capaian tersebut karena UMM dianggap telah mampu menjaga mutu pendidikan selama bertahun-tahun.

"Tentu prestasi ini tidak lepas dari kerja keras kolektif yang telah diupayakan oleh kawan-kawan di UMM. kualitas ini akan senantiasa kami rawat demi keberhasilan lain di masa depan," tuturnya.

Selain dinyatakan sebagai kampus terunggul Jatim 2021, UMM juga berhasil meraih empat penghargaan kampus unggulan khusus lain. UMM menempati posisi pertama kategori sebagai Universitas dengan Kinerja Kemahasiswaan Terbaik dan kategori Akselerasi Jabatan Akademik Terbaik. 

Di samping itu, UMM juga sukses dinobatkan sebagai Kampus dengan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Terbaik dan yang terakhir peringkat ketiga kategori Kualitas Pelaporan Terbaik.

UMM telah mendapatkan total tiga piala AKU Kartika. Untuk diketahui, Penghargaan Piala AKU Kartika tersebut diberikan kepada kampus yang telah meraih AKU selama empat tahun berturut-turut.

Setelah UMM yang menempati posisi pertama kampus swasta paling unggul se-Jatim, ada lima kampus swasta lain yang menduduki posisi kedua hingga keenam. Secara berurutan, universitas tersebut di antaranya Universitas Surabaya, Universitas Kristen Petra, Universitas Katolik Widya Mandala, Universitas 17 Agustus Surabaya dan Universitas Islam Malang. 

Read Next