logo

Sekolah Kita

30 Siswa SMP/MTs se-Kota Yogyakarta Ikuti Pelatihan Literasi Finansial

30 Siswa SMP/MTs se-Kota Yogyakarta Ikuti Pelatihan Literasi Finansial
Sebanyak 30 siswa SMP/MTs se-Kota Yogyakarta mengikuti pelatihan literasi finansial yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Rabu (12/10/2022). (EDUWARA/K. Setyono)
Setyono, Sekolah Kita12 Oktober, 2022 20:54 WIB

Eduwara.com, JOGJA –Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta mengundang 30 siswa dari 66 SMP/MTs untuk mengikuti pelatihan literasi keuangan atau finansial. Pelatihan ini terjalin antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Bank Indonesia Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bertempat di lantai dua Gedung Perpustakaan Kota Yogyakarta di Kota Baru, Rabu (12/10/2022), sebanyak 20 siswa hadir secara langsung mengikuti pelatihan. Sedangkan sisanya hadir secara online.

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Suryatmi menyatakan kegiatan yang berlangsung sehari ini bertujuan untuk menyiapkan anak-anak Indonesia yang bukan hanya cerdas, tetapi juga mampu membaca peluang dan tantangan.

"Untuk itu, generasi muda perlu dibekali dengan kemampuan literasi. Setidaknya ada enam literasi dasar yang perlu dimiliki oleh generasi muda, yaitu literasi baca-tulis, numerasi, sains, digital, finansial, serta literasi budaya dan kewarganegaraan," katanya.

Suryatmi mengatakan terkait dengan literasi finansial, banyak kalangan memandang masih cukup lemah di kalangan siswa karena mereka terbiasa tercukupi oleh fasilitas orang tua. Akibatnya, mereka cenderung tidak memiliki pemahaman yang cukup terhadap konsep dan memahami risiko, serta keterampilan untuk membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial.

"Sebagai upaya meningkatkan literasi keuangan di kalangan siswa, kami menyelenggarakan pelatihan ini. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan literasi finansial di kalangan siswa, serta meningkatkan peran perpustakaan sebagai sumber belajar," jelasnya.

Salah satu peserta, Christin Silvia siswa Kelas VII SMP Bopkri 1 Yogyakarta berharap dari pelatihan ini dirinya mendapatkan pengetahuan lebih luas tentang literasi keuangan.

"Bagaimana ke depan kita mampu memanajemen keuangan lebih baik. Selama ini saya menilai pemahaman mengenai literasi keuangan di sekolah kurang diajarkan. Di Mapel IPS, pengetahuan tentang hal ini masih bersifat umum," jelasnya.

Selain menghadirkan narasumber PJ Walikota Yogyakarta Sumadi, acara ini juga diisi oleh Sepridany Jaya H dan Azman Yattaqi G dari Bank Indonesia Kantor Perwakilan DIY.

Read Next