logo

Kampus

4.070 Mahasiswa Baru UMS Ikuti Grand Opening Masta Gelombang I

4.070 Mahasiswa Baru UMS Ikuti Grand Opening Masta Gelombang I
Grand Opening Masa Ta'aruf (Masta) Gelombang I Universitas Muhammadiyah Solo, Senin (25/7/2022). (EDUWARA/Humas UMS)
Redaksi, Kampus26 Juli, 2022 21:59 WIB

Eduwara.com, SUKOHARJO – Sebanyak 4.070 mahasiswa baru program sarjana Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) mengikuti Grand Opening Masa Ta'aruf (Masta) Gelombang I, Senin (25/7/2022). Acara yang berlokasi di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS tersebut  merupakan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2022.

PMB UMS merupakan program pengenalan bagi mahasiswa baru tentang perkuliahan di kampus. Seluruh mahasiswa yang mengikuti acara itu termasuk enam perwakilan mahasiswa asing. Pada tahun ini, dari 365 mahasiswa asing yang mendaftar, yang bakal diterima di UMS sekitar 40 orang.

"Alhamdulillah, peminat kuliah di UMS sangat tinggi," papar Kabiro Kemahasiawaan UMS, Cholid Al Gofari dalam siaran pers yang diterima Eduwara.com, Selasa (26/7/2022).

Cholid menambahkan, selain mahasiswa baru, kegiatan itu juga dihadiri oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sekaligus Badan Pembina Harian UMS Dahlan Rais, Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti dan Rektor UMS Sofyan Anif beserta jajaran Wakil Rektor UMS.

Sekretaris PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti saat memberikan motivasi di hadapan mahasiswa baru mengatakan bahwa sebagai mahasiswa harus memiliki spirit tinggi untuk menggapai cita- cita.

"Sesuai tagline pada Masta PMB yaitu UMS Mencerahkan Unggul Mendunia, ini menjadi spirit ketika belajar di UMS," kata dia.

Abdul Mu'ti juga berharap agar lulusan UMS menjadi generasi yang unggul serta membawa spirit Fastabiqul Khairat. Dia yakin, para mahasiswa baru akan bisa ke mana saja serta menjadi pemimpin dunia.

Sementara itu, Rektor UMS, Sofyan Anif dalam sambutannya mengatakan UMS mengalami kenaikan pendaftaran calon mahasiswa baru. Di tengah gempuran pendaftaran perguruan tinggi negeri, UMS mampu bersaing. Hal ini dibuktikan dengan selama dua tahun terakhir ini UMS mengalami kenaikan pendaftaran sekitar dua persen.

"Menurut catatan terakhir, ada sekitar 25.000 yang sudah mendaftar di UMS. Dari jumlah itu, yang diterima 5 ribuan, ini bukti masuk UMS harus bersaing ketat," kata dia. (K. Setia Widodo/*)

Read Next