logo

Sekolah Kita

60 Siswa SMP Muhammadiyah 7 Solo Unjuk Kebolehan di English Performance

60 Siswa SMP Muhammadiyah 7 Solo Unjuk Kebolehan di English Performance
Salah satu siswa Global Class SMP Muhammadiyah 7 Solo sedang berpidato dalam Bahasa Inggris dalam acara English Performance, Kamis (17/2/2022).. (EDUWARA/M. Diky Praditia)
M. Diky Praditia, Sekolah Kita19 Februari, 2022 23:03 WIB

Eduwara.com, SOLO – SMP Muhammadiyah 7 Solo menggelar acara English Performance untuk siswa Global Class. Kegiatan yang diikuti oleh 60 siswa tersebut terselenggara di Sala View Hotel Solo, Kamis (17/2/2022).

Wakil Kepala (Waka) Sekolah Bidang Humas Sri Mulyono menyampaikan acara yang dihelat setiap tahun itu bertujuan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris siswa Global Class. 

“Siswa unjuk kebolehan dengan berbicara berbahasa Inggris di podium, mulai dari pidato, drama, sampai puisi. Kegiatan ini sekaligus melatih kepercayaan diri siswa SMP Muh 7 Solo,” kata Sri Mulyono saat dihubungi Eduwara.com, Sabtu (19/2/2022).

Sebelum tampil pada English Performance, para siswa sudah mempersiapkan diri dengan berlatih selama tiga bulan mulai dari Desember tahun lalu. Setiap pekan, mereka berlatih sebanyak dua kali, Senin dan Selasa.

“Dalam persiapannya, siswa belajar secara mandiri. Namun, tetap ada bimbingan dari guru Bahasa Inggris dan guru kesenian,” kata Sri Mulyono yang juga guru olahraga itu. 

Kegiatan tersebut, menurut dia, merupakan kegiatan unggulan yang dimiliki SMP Muh 7 Solo. Sampai saat ini acara English Performance sudah terselenggara sebanyak tujuh kali sejak 2015.

“Program ini terlaksana setiap tahun kecuali pada 2021. Pasalnya pada saat itu perkembangan virus Covid-19 masih banyak dan belum terkendali,” ucap dia.

Waka Humas itu menjelaskan, biasanya sebelum ada pandemi, siswa Global Class akan mengikuti kurus bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare, Kediri. Namun, kegiatan tersebut sejak 2020 ditiadakan untuk sementara waktu. Siswa kelas VII, VIII, dan IX yang masuk dalam Global Class belajar dari guru Bahasa Inggris SMP Muh 7 secara langsung.

Kepala Sekolah SMP Muh 7 Solo Bambang Condro mengaku dirinya bangga dengan siswa-siswa yang tampil pada acara English Performance. Hal itu dapat meningkatkan kemampuan Public Speaking siswa dalam menggunakan bahasa Inggris.

“Dan ternyata, kemampuan mereka sangat mumpuni. Mudah-mudahan ke depannya anak-anak tersebut bisa menjaga dan mengembangkan kemampuannya,” beber Bambang.

Tidak hanya dihadiri oleh peserta, acara tersebut juga mendatangkan para orang tua sjswa Global Class, guru karyawan, dan pejabat Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Solo. 

Read Next