logo

Kampus

Angkat Fenomena Stres, Mahasiswa FK UMM Juara I Podcast Nasional

Angkat Fenomena Stres, Mahasiswa FK UMM Juara I Podcast Nasional
Jesica Lucky Mar'atus Sholiha, mahasiwa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (EDUWARA/Dok. Pribadi)
Ida Gautama, Kampus06 Januari, 2022 03:00 WIB

Eduwara.com, MALANG -- Jesica Lucky Mar'atus Sholiha, mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih juara 1 Podcast tingkat nasional di sebuah event Psycompetition 2021 yang diselenggarakan Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) Wilayah III Jawa Tengah, dengan mengangkat tema kesehatan mental.

Jesica, sapaan akrabnya, menceritakan dirinya memiliki minat kepada podcast sejak 2019. Dia senantiasa mendengarkan podcast-podcast menarik seperti a Podcast Awal Minggu yang dibawakan oleh Adriano Qalbi, salah satu komika nasional.

Karena itulah, ketika mendengar adanya kompetisi podcast, Jesica bergegas mendaftarkan diri. Apalagi dia juga mengetahui potensi bakat podcast yang dimilikinya.

Dua pekan sebelum lomba ia telah melakukan persiapan untuk menyusun materi podcast monolog dalam perlombaan yang dilaksanakan secara virtual pada tanggal akhir Desember lalu, sedangkan  tema yang diangkat mengenai kesehatan mental dengan judul "Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi".

Selama persiapan, ia harus menyusun naskah, mencari fenomena, fakta dan juga tips menjaga kesehatan mental. 

"Selama persiapan, saya tentu membutuhkan beragam fenomena dan fakta yang benar. Kemudian memecahkan masalah dan memberikan solusi dengan riset kecil-kecilan sehingga  bisa dijadikan bahan podcast berbagi ilmu," ujarnya, Rabu (5/1/2022).

Mahasiswi baru FK UMM ini menuturkan, dalam podcast dirinya memaparkan bagaimana menjaga kesehatan di tengah pandemi. Begitupun dengan sederet tips-tipsnya. Selain itu, dia juga membahas tentang konsep healing dengan macam-macamnya. 

"Saya tentu tidak asal comot materi. Harus melihat fenomena yang memberikan efek stress bagi banyak orang," ucapnya.

Selama perlombaan, dia merasa kurang bisa membagi waktu kuliah dan mempersiapkan lomba. Apalagi saat itu berbarengan dengan jadwal ujian yang tidak ringan. Kebingungan membagi waktu membuatnya merelakan waktu tidur. Beruntung, pengorbanannya memberikan hasil maksimal melalui karya podcast.

Mahasiswi asli Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ini berharap dapat mengikuti lomba-lomba sejenis. Dia merasa senang karena hal yang disukai ternyata bisa membawa harum namanya dan Kampus UMM tercinta. Podcast juga bisa digunakan untuk melatih konsep berpikir, kreativitas dan kepercayaan diri. 

"Semoga saya bisa membuat podcast saya sendiri secara reguler. Dengan begitu, banyak manfaat yang bisa disebar melalui karya digital," pungkasnya. 

Read Next